MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Yulia Hasna Munzila, Eni Rohaeni, Ahyo Ruhyanto

Sari


Rendahnya hasil belajar peserta didik menjadi salah satu masalah yang harus segera diperbaiki. salah satunya disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang masih berpusat pada guru, oleh karena itu pendidik dituntut untuk mengembangkan model pembelajaran. Salah satu alternatif model pembelajaran yang memungkinkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah model Probing Prompting. Rumusan masalah dalam penelitian yaitu: 1) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Probing Prompting pada pengukuran awal (pretes) dan pengukuran akhir (post tes) di kelas eksperimen; 2) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Konvensional pada pengukuran awal (pretes) dan pengukuran akhir (post tes) di kelas kontrol; 3) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Probing Prompting dengan peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Konvensional pada pengukuran awal (pretes) dan pengukuran akhir (post tes).Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Probing Prompting pada pengukuran awal (pretes) dan pengukuran akhir (post tes) di kelas eksperimen; 2) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Konvensional pada pengukuran awal (pretes) dan pengukuran akhir (post tes) di kelas kontrol; 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Probing Prompting dengan peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Konvensional pada pengukuran akhir (post tes). Metode penelitian yang digunakan metode eksperimen desain Quasi Eksperimental Nonequivalent Control Grup Design dan analisis data menggunakan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat perbedaan hasil belajar mata pelajaran ekonomi peserta didik yang menggunakan Model Probing Prompting dengan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest).Kata Kunci : Probing Prompting, Hasil Belajar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Duda Hilarius Jago, adibah Hamiani Fitri dan Syafruddin Didin. 2018. Pengaruh Model Probing Prompting terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Pewarisan Sifat. Jurnal Pendidikan16(1). 13

Fauhah Homroul dan Rosy Brillian, 2021.Analisis Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran 9(2), 328

Jamil, M Ibrahim, 2017. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Anak.Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak 1(1), 3-7

Lestari dan Yudhanegara, 2017 Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung:PT. Refika Aditama.

Nidawati, 2013.Belajar dalam Perspektif Psikologi dan Agama.Jurnal Pionir 1(1), 15.

Rusman. 2012. Model model Pembelajaran. Bandung : PT Raja Grafindo Persada

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurukulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta: Bandung

Sundari, Hana. 2015. Model-Model Pembelajaran dan Pemefolehan Bahasa Kedua/Asing. Jurnal Pujangga. 1 (2) 109.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i2.6253

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.