PENGELOLAAN LABORATORIUM IPA DI SMPN 1 DAN SMPN 2 TASIKMALAYA

Sani Arian, Awang Kustiawan, Adi Maladona

Sari


IPA merupakan ilmu dasar berbasis inquiry yang membutuhkan praktikum di laboratorium dalam pembelajarannya. Laboratorium IPA merupakan penunjang kualitas pembelajaran IPA. Maka dari itu, diperlukan pengelolaan laboratorium yang terstandarisasi. Namun menurut beberapa kajian dalam penelitian, kegiatan pengelolaan laboratorium IPA belum sepenuhnya optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan laboratorium IPA di SMPN 1 dan SMPN 2 Tasikmalaya. Konsep pengelolaan dapat dilihat dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data berupa wawancara, observasi dan studi dokumentasi serta diuji keabsahanan dengan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengelolaan laboratorium IPA di SMPN 1 Tasikmalaya masih belum berjalan dengan baik. Ini dilihat dari aspek perencanaan dan pengawasan yang belum optimal. Sementara itu, pengelolaan laboratorium IPA di SMPN 2 Tasikmalaya sudah berjalan dengan baik meskipun tanpa tenaga pendukung seperti laboran dan teknisi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dakhi, Yohannes. (2016). Implementasi POAC Terhadap Kegiatan Organisasi dalam Mencapai Tujuan Tertentu. Jurnal Warta Edisi: 50.

Elseria. (2016). Efektifitas Pengelolaan Laboratorium IPA. Manajer Pendidikan. 10(1):109–121.

Gusnani, Y. et al. (2019). Pengelolaan Laboratorium IPA di Madrasah Tsanawiyah. Proceedings International Conference on Teaching and Education (ICoTE). 2:135–141.

Harefa, D. et al. (2021). Pemanfaatan Laboratorium IPA di SMA Negeri 1 Lahusa. Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains. 5(2):105–122.

Meita, N. M. (2017). Studi Kelayakan Pengelola Laboratorium IPA SMPN 4 Sumenep Berdasarkan Permendagri 26/2008. Jurnal Lensa (Lentera Sains) : Jurnal Pendidikan IPA. 7(1):40–47.

Moleong, Lexy J. (2017). “Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi)”. PT. Remaja Rosda Karya,.

Mulyadi, A. (2020). Dampak Manajemen Sarana Prasarana Terhadap Mutu Pendidikan. Jurnal Syntax Admiration. 1(8): 1004–1022.

Mulyono, N. (2018). Pengelolaan Pendidikan. Bandung: Rizqi Press.

Nahdiyaturrahmah et al. (2020). Pengelolaan Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SMP Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI). 3(2):118–129.

Najemah. (2020). Pengelolaan Laboratorium IPA SMP Negeri 2 Muara Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara Tahun 2020. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika. 2(1):1–14.

Permendiknas RI No. 26 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Laboratorium Sekolah/Madrasah.

Sinambela, L. P. (2017). "Profesionalisme Dosen dan Kualitas Pendidikan Tinggi. Jurnal Populis. 2(4): 579-596.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Zahara & Agustina . (2018). Pemanfaatan dan Pengelolaan Laboratorium Bagi Guru IPA di Madrasah Tsanawiyah Negeri Dan Swasta Aceh Besar. Prosiding Seminar Nasional Biotik. 750–755.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i2.6284

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.