PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Desta Nur Maretiana, Ilah Mulyadi, Ahyo Ruhyanto

Sari


Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amalia, Yulinda., & Rasiman R. 2019. Pengaruh Model CTL (Contextual Teaching Learning) dengan Media Pohon Hitung terhadap Hasil Belajar Materi Operasi Hitung. International Journal of Elementary Education.Vol 3 No 2.

Ariestuti, P. D., Darsana, I. W., & Kristiantari, M. R. (2014). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SDN 3 Tonja Tahun Ajaran 2014/2015. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).

Aryansyah, F. (2021). Pelaksanaan Question Student Have Method dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2 (1), 91-98.

Astari, E. A., & Witri, G. W. (2015). Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 105 Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 1-9

Ayu, S. L. D. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Pengantar Akuntansi dan Keuangan Siswa Pada Materi Laporan Keuangan Di Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Sibolga Vol 2 No 3.

Dede dan Imas. 2017. Pengaruh Model Contextual Teaching Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Akuntansi Dan Keuangan Vol. 5, No. 1.

Gunawan, Arif. 2013. Penerapan Model CTL (Contextual Teaching And Learning) Menggunakan CDInteraktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri Plumbon 02 Kabupaten Semarang.

Handayani, D. P., Herman, M., & Putra, R. A . (2021). Perbedaan Hasil Belajar Peserta Didik yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok (Group Investigation) Dengan Model Konvensional. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2 (3), 131-140.

Hatmokomukti, B. W., & Widodo B. 2018. Pengaruh metode pembelajaran CTL terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII ditinjau dari kemampuan berkomunikasi. Jurnal Ilmiah Pendidkan IPA. Vol 5 No 1.

Hiqmawati, Y., Suyanto, I., Chamdani, M., & FKIP, P. (2013). Peggunaan model contextual teaching and learning dalam peningkatan pembelajaran ipa pada siswa kelas iii sd negeri tanjungrejo tahun ajaran 2012/2013 Oleh. Semarang: FKIP UNS, 1(1), 1-5.

Lawe, Y. U. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Pada siswa kelas IV SDI Olaewa Kecamatan Boawae Kabupaten Nagekeo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 4(1), 67-77.

Nurhidayati, Evi. 2016. Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Suhu Dan Kalor Kelas X Di Sma Negeri 5 Banda Aceh.FTK UIN Ar-Raniry. Vol 1 No 2.

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Rajagrapindo Persada.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Susanto, A,. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Kacana Pramida Media Group.

Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Media Group

Wayan, N. S. P., & Zusje. W. M. W. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Materi Sistem Pencernaan Manusia. International Journal of Elementary Education. Vol. 1 No. 1., Juni.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i1.6289

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.