ANALISIS PENGELOLAAN LABORATORIUM IPA DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 1 BANJAR

Priska Kartikasari, Nur Ilmiyati, Adi Maladona

Sari


Pengelolaan laboratorium merupakan suatu usaha untuk mengelola semua perangkat laboratorium yang diharapkan dapat meningkatkan mutu pembelajaran. Suatu laboratorium dapat dikelola dengan baik ditentukan dari beberapa faktor yang saling berkaitan satu sama lain. Berdasarkan hasil observasi SMP Negeri 1 Banjar memiliki laboratorium IPA yang terpisah yaitu laboratorium biologi dan laboratorium fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan laboratorium IPA dalam meningkatkan mutu pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Banjar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan naturalistik. Populasi target penelitian ini adalah situasi sosial SMP Negeri 1 Banjar yang berkaitan dengan pengelolaan laboratorium IPA serta aktifitas yang ada didalamnya. Pengumpulan data dilakukan dengan triangulasi yaitu berupa observasi, wawancara, studi dokumentasi. Dari hasil penelitian secara umum pengelolaan laboratorium IPA meliputi : 1) Perencanaan, 2) Pengorganisasian, 3) Pelaksanaan, 4) pengawasan, sudah terlaksana dengan baik. Namun, masih belum memenuhi semua kriteria yang tercakup dalam perangkat pengelolaan laboratorium.Kata kunci: Banjar , Laboratorium, IPA, Pengelolaan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fattah, N. (2013). Landasan Manajemen Pendidikan. 2nd ed. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Gunawan, M. (2020). “Analisis Manajemen Laboratorium IPA Di SMPN 03 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya.”

Koswara, D., & Triatna, C. (2014). Manajemen Pendidikan. 7th ed. ed. Riduan. Bandung: Alfabeta, cv.

Mulyono, N. (2015). Pengelolaan Pendidikan. Bandung: Rizqi Press.

Peraturan Mentri Pendidikan Nasional. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Standar Sarana Dan Prasarana. Jakarta.

Pujani, Ni Made, and Kompyang Selamet. (2020). “Pengelolaan Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) SMP Negeri 2 Singaraja.” 3(3): 118–29.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. 28th ed. Bandung: Alfabeta, cv.

Syafri, Edi; Endrizal, NFN. (2013). “Pembelajaran Berbasis Praktikum Sebagai Sarana Siswa Untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains Dalam Materi Biologi.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 1689–99.

Wahyu F. S. (2021). Pemanfaatan instagram sebagai media alternatif ipa dalam masa pembelajaran jarak jauh (pjj). J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2 (2), 81-90.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6300

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.