MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING

Ucu Siti Noer Arofah, Samiri Samiri, Tati Heryati

Sari


Rendahnya hasil belajar peserta didik merupakan masalah dalam penelitian ini, karena hasil belajar merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan proses pembelajaran, maka pendidik dituntut untuk segera mencari berbagai upaya untuk mencapai keberhasilan, rendahnya hasil belajar dilatarbelakangi oleh berbagai faktor diantaranya pemilihan model pembelajaran dengan tipe yang tidak tepat digunakan oleh pendidik, adapun tujuan dari penelitian ini: (1) Perbedaan hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining. (2) Perbedaan hasil belajar peserta didik di kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. (3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Facilitator and explaining dengan yang menggunakan Metode Pembelajaran Konvensional.Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui test, metode observasi dan metode dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian bahwa hasil belajar peserta didik yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Facilitator and explaining lebih efektif dibanding hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Artinya bahwa Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Facilitator and explaining Aktif dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Facilitator and explaining, Hasil Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, Ramli. 2017. Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran kimia di Madrasah Aliyah. Jurnal (online) . Vol.05 No.01 14-28 Lantanida Journal (https://jurnal.arraniry.ac.id/index.php/lantanida/article/view/2056) diakses tahun 2017.

Agus Saifuddin dkk . 2015. Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) dengan menggunakan peta konsep untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 02 Batu. Jurnal Pendidikan Ekonomi (Online). Vol. 8 No. 1 36-47 (http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/1636) diakses tahun 2015.

Aryansyah, F. (2021). Pelaksanaan Question Student Have Method dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2 (1), 91-98.

Indah Mustikasari dkk . 2019. Pengaruh Model Student Facilitator And Explaining (SFAE) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis .Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar (online). Vol 3 no 3 303-309. (https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/index) diakses 29 Agustus 2019.

Kadir, Abdul.2015.Menyusun dan Menganalisis Tes Hasil Belajar. Jurnal Al-Ta’dib (Online). Vol 8 no 2 hal 70-81 (https://media.neliti.com) diakses Juli-Desember 2015

Muslim, Siska Ryane . 2015. Pengaruh penggunaan metode student facilitator and explaining dalam pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa SMK di Kota Tasikmalaya. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika ( Online ). Vol 01 .No 01 65-72 . (http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m/article/view/Sis11) diakses september 2015

Nurfatimah dkk. 2017. Pengaruh Student Facilitator and explaining dengan Roda impian terhadap hasil belajar siswa .Jurnal Chemistry in Education (Online). Vol 6 no 2 9-14.(http:journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined).

Parsautan , Anni Holila,.2018.Efektivitas model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap kemampuan pemecahan masalah Matematiks siswa di MAN Sipirok. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal) (Online) Vol 1 no 1 109-116. (https://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu) diakses 1 Maret 2018.

Pane & Muhammad.2017. Belajar dan pembelajaran. Jurnal Kajian ilmu-ilmu keislaman (Online). Vol 03 No 2 333-352. (http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/F/article/view/945/0) Diakses Desember 2017

Rizqianna, F.,Susanti, Y & Andhika, R. Penerapan model pembelajaran active knowledge sharing pada mata pelajaran ekonomi di sma. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2 (2), 63-70

Sugiyono.(2016) . Metode Penelitian Pendidikan Bandung: PT Alfabeta.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: PT.Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i1.6315

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.