PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING MELALUI CLASSROOM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA SUB MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI 1 KAWALI

Rika Novianti, Adun Rusyana, Lia Yulisma

Sari


 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning melalui aplikasi Google Classroom terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperimen Design. Desain penelitian yang digunakan yaitu one group pretest-posttest design. Populasi penelitian yaitu siswa kelas X SMA Negeri 1 Kawali yang berjumlah 216 siswa. Sample penelitian ini adalah kelas X IPA 1 dengan jumlah 36 siswa, teknik pengambilan sample secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes keterampilan berpikir kritis, dengan mengacu pada indikator berpikir kritis menurut Piaw yaitu inferensi, mengenal asumsi, dan interpretasi. Data yang diperoleh diolah secara statistik. Hasil perhitungan uji Z (α = 5% ) pada nilaii gain diperoleh nilai z hitung sebesar 1,92>1,64. Kesimpulan yang diperoleh adalah penerapan Model Problem Based Learning melalui Google Classroom terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada sub Materi Pencemaran Lingkungan di SMA Negeri 1 Kawali berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.Kata kunci : PBL, Keterampilan Berpikir kritis, Google Classroom

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afifah, A. N., Ilmiyati, N & Toto. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) dengan Pendekatan STEM Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. JKIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) , 1 (2), 33-40.

Harlinda, F. (2014). Analisis Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Polya Pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat (Penelitian Dilakukan Di Smk Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi: UNS.

Herzon, H. H., Budijanto., & Utomo, H. D. (2018). Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) terhadap KeterampilanBerpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 3(1):44.

Iftakhar, S. (2016). Google Classroom: What Works And How?. Journal of Education and Social Sciences. 3:13.

Nurlaela, L. & Ismayanti, A. (2015). Strategi Belajar Berfikir Kreatif. Yogyakarta: Ombak.

Rahman, L. L., Rusyana, A., & Yulisma, L. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery learning Berbasis LKS Tipe Word square terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2(1), 33-38.

Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suhada, I., Kurniati,T., Pramadi,A., & Listiawati,M. (2020). Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Masa Wabah Covid-19. Prodi Pendidikan Biologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6332

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.