PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN DISCORD TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA SUB MATERI ALAT INDRA (KELAS XI SMA NEGERI 1 KAWALI)

Hikmah Kurnia Septiani, Romdah Romansyah, Lia Yulisma

Sari


 Perubahan proses pembelajaran dari tatap muka langsung menjadi daring akibat pandemi COVID-19 menjadi tantangan seluruh guru di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbantuan Discord terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Sub Materi Alat Indra Kelas XI SMA Negeri 1 Kawali. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian pre-eksperimen. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttet. Instrumen yang digunakan adalah tes yang terdiri dari 20 butir soal pretest dan posttest (multiple choice) dengan indikator Taksonomi Bloom revisi ranah kognitif yaitu C1, C2, C3, C4, dan C5. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kawali tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 214 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 4 berjumlah 34 orang diambil dengan teknik simple random sampling. Analisis data yang digunakan adalah N-Gain, Uji Normalitas, dan Uji-Z. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis maka dapat diketahui bahwa perolehan nilai < , dimana memiliki nilai 0,20 < 1,65. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbantuan Discord terhadap hasil belajar kognitif siswa pada sub materi Alat Indra (Kelas XI SMA Negeri 1 Kawali).Kata Kunci : Discord, Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar Kognitif

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hasnidar, H., & Elihami, E. (2019). Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar PKn Murid Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Jatmiko, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran dan Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar IPA. BIOSFER Jurnal Tadris Pendidikan Biologi. 8(2) : 84-101.

Latief, H. (2014). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar (Studi Eksperimen pada mata pelajaran Geografi Kelas VII Di SMPN 4 Padalarang). Jurnal Pendidikan Geografi. 14(2) : 14-28

Lestari, E. K. & Yudhanegara, R. M. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT Refika Aditama.

Mulyono, N. (2018). Kurikulum & Pembelajaran. Bandung : Rizqi Press.

Rakhmawan, A., Juansah, D. E., Nulhakim, L., Biru, L. T., Rohimah, R. B., Suryani, D. I., Vitasari, M., & Resti, V. D. A. (2020). Analisis Pemanfaatan Aplikasi Discord Dalam Pembelajaran Daring di Era Pandemi COVID-19. 3(1) : 55-59.

Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung : Tarsito.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Prenada Media Group




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6361

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.