PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE STUDENT CREATED CASE STUDIES TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Siti Mae Saroh, Dedeh Dedeh, Utti Suwirta

Sari


Rendahnya hasil belajar peserta didik tergambar dari nilai peserta didik yang belum memenuhi standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Adapun tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui 1). peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Active Learning Tipe Student Created Case Studies pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) 2). Peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (postest) 3). Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Active Learning Tipe Student Created Case Studies lebih tinggi dibanding dengan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (postest). Metode  penelitian yang digunakan adalah studi quasi eksperimen. Eksperimen ini dilaksanakan oleh dua kelas. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas X IPA di SMA Negeri 3 Banjar yang berjumlah 72 peserta didik. Teknik analisi data dilakukan dengan menggunakan uji intrumen penelitian , uji instrument penelitian terdiri dari uji homogen penelitian,uji validitas, uji reliabilitas, indeks kesukaran soal, daya pembeda dan menggunakan uji prasyarat statistik. Dan untuk pengujian hipotesis menggunakan rumus N-Gain dan uji t.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam uji hipotesis dinyatakan perhitungan pretest dan posttest kelas eksperimen thitung = 10,099 dan ttabel = 1,6675 , sedangkan hasil perhitungan kelas kontrol thitung = 1,6675 dan ttabel = 8,182. Sedangkan pada pengukuran akhir (postest)  kelas eksperimen dan kelas kontrol ttabel = 1,6675 dan thitung = 45,745. Dari hasil uji analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Active Learning Tipe Student Created Case Studies pada pengukuran awal (prestes) dan pengukuran akhir (posttes).                                                                                                                       Kata Kunci: Hasil Belajar, studi kasus

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Dimyati, Mudjiono.2013. Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: PT RinekaCipta

Dimyati, mudjiono. 2010. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Desiana, L., Patonah, R., & Ilah. (2021). Pengaruh Metode Circuit Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA, J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2 (3), 69-76.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, Zain. 2010. Strategi Belajar MengajarJakarta: PT Rineka Cipta

Djamarah, Zain. 2010. Strategi belajar mengajar. Jakarta. PT. Rineka Cipta

Langgeng Widi Utami. 2014. Penerapan Metode Can study untuk Mengoptimalkan Hasil Belajar Siswa Matari Hama dan Penyakit tumbuhan

Lestari, Yudanegara.2017. Penelitian pendidikan matematika. Bandung: Refika Aditama

Komalasari. 2013. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT Refika Aditama

Kurniawan. 2014. Pembelajaran Terpadu Tematik. Bandung: Alfabeta

Rizqianna, F.,Susanti, Y & Andhika, R. Penerapan model pembelajaran active knowledge sharing pada mata pelajaran ekonomi di sma. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2 (2), 63-70.

Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta

Suphianingrum. 2016. Strategi pembelajaran . Jogjakarta Ar-ruzz media

Suprijono. 2016. Coperative Learning yogjakarta Pusataka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i1.6372

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.