MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DISKURSUS MULTY REPRECENTACY (DMR)

Evie Fitriani Matin, Tati Heryati, Rita Patonah

Sari


Kurangnya partisipasi peserta didik pada proses pembelajaran menyebabkan rendahnya hasil belajar. Selain itu masalah tersebut juga dipengaruhi penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat. Menyikapi permasalahan tersebut maka penulis mencoba menerapkan model pembelajran kooperatif tipe Diskursus Multy Reprecentacy (DMR). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Hasil belajar peserta didik yang menggunakan model kooperatif tipe Diskursus Multy Reprecentacy (DMR)  pada pretest dan posttest; 2) Hasil belajar yang menggunakan metode konvensional pada saat pretest dan posttest; 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode Diskursus Multy Reprecentacy (DMR) dengan metode konvensional pada pengukuran akhir. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Desain. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Diskursus Multy Reprecentacy (DMR) lebih tinggi dibandingkan dengan metode konvensional.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad, Ramli. Loka, I. Nyoman. Muti’ah. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Diskursus Multi Representasi (DMR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Senyawa Hidrokarbon Kelas XI MIA Man 1 Mataram. Chemistry Education Practice (online) 3 (1), 2020–42, (http://jurnalfkip.unram.ac.id), diakses pada 17 Desember 2020.

Domu, Ichdar, Pesik, Anekke, dan Katiandagho, Geofanny. Firsty. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Diskursus Multi Representasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Himpunan. JSME (Jurnal Sains, Matematika, dan Edukasi)(online) Volume 8, Nomor 2, (http://download.garuda.ristekdikti.go.id), diakses pada 16 Desember 2020.

Fortune, Figeon. Dhyonest, Djadir, dan Djam’an, Nurwati. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe DMR (Diskursus Multi Representasi) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Mengkendek, Tana Toraja. Issues in Mathematics Education(online) (hal. 71 – 82) Vol. 2. No. 1(http://ojs.unm.ac.id), diakses pada 16 Desember 2020.

Hasanah, Uswatun. Siti. 2019. Studi Komparasi Penerapan Metode Active Learning Model Reading Aloud dan Metode Konvensional Model Ceramah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab dan Pengaruhnya Terhadap respon Siswa Kelas V MI Ma’Arif 01 Pahenjoan Majenang. Jurnal Tawadhu (online) Vol.3 no.1, (https://ejournal.iaiig.ac.id), diakses pada 4 September 2021.

Maelani, G., Yanti, R. A. E & Sutendy, U. A. 2021. Pengaruh penerapan model pembelajaran project based learning (pbl) melalui penggunaan media unit kegiatan belajar mandiri (ukbm) terhadap hasil belajar siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2 (2), 71-80

Mulyono, Nono. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Rizqi Press

Nurkholis. 2013. Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan (online) Vol. 1 No. 1 (http://eprints.umm.ac.id), diakses pada 24 September 2021.

Patonah, Rita. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Penerapan Metode Diskursus Multy Reprecentacy (DMR). Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan(online) Vol. 6 No. 2 (http://jurnal.unigal.ac.id), diakses pada 16 Desember 2020.

Rostika, Deti, Junita, Herni. 2017. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SD Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Model Diskursus Multy Representation (DMR). Jurnal Pendidikan Dasar (online) Vol 9. No 1 (http://scholar.google.co.id), diakses pada 4 September 2021.

Sahimin, Nasution, Wahyuddin. Nur, Sahputra, Edi. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran dan Gaya belajar Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kabanjahe Kabupaten Karo. EDU RELIGIA (online) Vol. 1 No. 2, (http://jurnal.uinsu.ac.id), diakses pada 3 September 2021.

Sulistyawati, Dwi. 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy (DMR) Terhadap Motivasi, Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Himpunan Kelas Vii Mts Ma’murotul Husna Tahun Ajaran 2016/2017. (Simki-Techsain) (online) Vol. 01 No. 01 Tahun 2017 ISSN (http://simki.unpkediri.ac.id), diakses pada 17 Desember 2020.

Tamim, Faisal. M. (2015). Penerapan Model Pembelajaran DMR (Diskursus Multi Representasi) dengan Puzzle Kubus dan Balok untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Materi Pokok Kubus dan Balok Siswa Kelas VIII D SMP Muhammadiyah 8 Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015.(Skripsi, tidak dipublikasikan).Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang

Tari, H. D ., Suwirta, U & Dedeh. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi di MAN 2 Kota Tasikmalaya. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) , 1 (2), 19-26

Tasliya, Rizcha, Bardi Syamsul. 2016. Perbandingan Hasil Belajar Lunak Geo For–Geotech Dengan Pembelajaran Konvensional di SMP Negeri 6 Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan (online) Vol 1 Nomor 1, (www.jurnal.unsyiah.av.id), diakses pada 3 September 2021.

Wakhidah, Laili, Basir, Mochamad. Abdul, Aminudin, Mohamad. 2018. Implementasi Model Pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Proporsional Pada Materi Trigonometri. Jurnal Penelitian Dedaktik Matematika (online) Vol: 1, No. 1 (http://scholar.google.co.id), diakses pada 4 September 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i1.6375

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.