MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA FLIPCHART PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Yeni Sovia Hertarini, Eni Rohaeni, Ahyo Ruhyanto

Sari


Rendahnya hasil belajar merupakan masalah dalam penelitian ini, karena hasil belajar merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan suatu proses Pembelajaran, maka pendidik dituntut untuk segera mencari berbagai upaya untuk mencapai keberhasilan, rendahnya hasil belajar dilatarbelakangi oleh berbagai faktor diantaranya pemilihan model pembelajaran dengan tipe yang tepat digunakan oleh pendidik, adapun tujuan dari penelitian ini : 1) Perbedaa hasil belajar siswa yang menggunaka metode pembelajaran kooperatif tipe scramble berbatuan media flip chart  pada pengukuran awal dan pengukuran akhir di kelas eksperimen. 2) Perbedaan hasil belajar siswa pada pengukuran awal dan akhir di kelas kontrol. 3) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbatuan media flip chart  dengan yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran akhir. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan beberapa simpulan sebagai berikut :1) Terdapat perbedaa hasil belajar siswa yang menggunaka metode pembelajaran kooperatif tipe scramble berbatuan media flip chart  pada pengukuran awal dan pengukuran akhir di kelas eksperimen. 2) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada pengukuran awal dan akhir di kelas kontrol. 3) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbatuan media flip chart  dengan yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran akhir. Kata kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantuan media flip chart terhadap hasil belajar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abduk Istiqlal 2018. Manfaat Media Pembelajaran dalam proses belajar dan mengajar mahasiswa di perguruan tinggi. (volume 3 no 2 139-144)

Ahmad Sodiqin, Sugiyono, Nursyamsiar Tritowari 2015.Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Metode Scramble Terhadap Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar.(Volume 4 No 9)

Ajeng Navy Intan Anggraini 2017.Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Lengkong 1 Mojokerto. (Volume Huda M. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran.Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Hidayah,Nurul 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Ips Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 1 Driyorejo. Jurnal Pendidikan Ekonomi. (Volume VI ; 2-4)

Joko kuswanto, Ferri Radiansah 2018.Media pembelajaran Berbasis android Pada mata pelajaran system operasi jaringan kelas XI. (Volume 14 no 1 )

Lestari dan Yudhanegara, 2017 Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung:PT. Refika Aditama

Murti, I Gede Ari, I Nyoman Jampel, Ndara Tanggu Renda 2016.Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasl Belajar IPA Siswa Kelas IV SD, (Volume 4 No 1)

Najati, Chairunnisa Salisun 2015.Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis melalui penggunaan Model Scramble Pada siswa kelas II SD Brajan. (Volume 1 no 2 )

Rachmad Himawan Surya Negara 2014. Penggunaan Media FlipChart untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi kelas IV SD Gunung Anyar Tambak. (Volume 02 no 02)

Rahman, E.,S,. Yanti, R., A., & Aryansyah, F. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Film Dokumenter Dengan Media Komik Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2 (3), 141-152

Sidmewa, A.A.N., Susanti, Y., & Putra, R. A. (2021). Pengaruh Model PembelajaranSelf Directed Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2 (3), 197-206.

Sudarmi dan Burhanudin 2017.Keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe scramble dalam keterampilan menulis kalimat bahasa jerman siswa kelas XI SMA negeri 11 makasar. (Volume 1 no 1)

Sugiyono.2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Bandung .Alfabeta

Sugiyono.2013. Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dab R&D. Bandung.Alfabeta

Talizaro Tafonao 2018. Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan (Volume 2 no 2 )




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i1.6388

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.