MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI

Elin Yuliani

Sari


Mengingat pentingnya menyusun silabus dan RPP oleh guru maka perlu diadakan pembinaan untuk para guru agar kemampuan guru dalam menyusun silabus dan RPP dapat meningkat. Kepala sekolah sebagai pimpinan pendidikan di sekolah memiliki peran sebagai supervisor yang bertugas membina sekolah agar dapat guru dapat mengembangkan kemampuannya dalam penyusunan perangkat pembelajaran yaitu silabus dan RPP. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Subjek penelitian pada penelitian tindakan sekolah ini adalah guru SMA Negeri 4 Tasikmalaya sebanyak 56 orang. Objek Penelitian adalah kemampuan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran. Jumlah siklus yang dilaksanakan sebanyak dua yaitu Siklus I dan Siklus II. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Sekolah yang telah dilaksanakan, maka dapat disimpulkan bahwa pelatihan dalam kegiatan supervise dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun silabus dan RPP di SMAN 4 Tasikmalaya. Kata Kunci:  Silabus, RPP, Supervisi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ali, M. (2017). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Melalui Supervisi Akademik. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 3 (1).

Dius, E. (2016). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Rpp Melalui Supervisi Akademik Pada Sd Binaan Di Kecamatan Sepauk Kabupaten Sintang. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 1 (2).

KBBI. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Yurnalis. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran melalui Supervisi Klinis di Sekolah Binaan Kecamatan Cerenti. Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran), 2 (4), 2614-1337.

Zuhdan, K.P., et al. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu Untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas serta Menerapkan Konsep Ilmiah Peserta Didik SMP. Program Pascasarjana UNY.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6396

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.