PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL BRAIN-BASED LEARNING

Nurul Trijastuti

Sari


Berdasarkan hasil survey di kelas XI SMK Negeri 1 Tarumajaya diperoleh informasi bahwa siswa masih rendah dalam kemampuan untuk merumuskan, menggunakan dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks masalah kehidupan sehari-hari secara efesien. Itu artinya bahwa kemampuan literasi siswa perlu untuk ditingkatkan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTS). Lokasi Penelitian ini adalah di SMK Negeri 1 Tarumajaya yang berlokasi di Jl. Ifolia Harapan Indah Ds.Pusaka Rakyat Tarumajaya Bekasi. Subjek penelitian pada penelitian tindakan sekolah ini adalah Xl Semester II SMK Negeri 1 Tarumajaya Tahun Akademik 2021-2022 sebanyak 36 orang. Objek Penelitian adalah kemampuan literasi matematis siswa. Jumlah siklus yang dilaksanakan sebanyak dua yaitu Siklus I dan Siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas yang telah dilaksanakan, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi matematis siswa setelah menggunakan model Brain-based Learning pada pembelajaran Matematika materi Fungsi terbukti mengalami peningkatan yaitu rerata kemampuan literasi matematis siswa siklus I yaitu 71 meningkat menjadi 77 pada siklus II.Keywords: Kemampuan Literasi Matematis, Model Brain-Based Learning

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Herdiana, L., Zakiah, N. E., & Sunaryo, Y. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy (DMR) terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2 (1), 9-14.

Ibrahim, D. (2016). Pengaruh model pembelajaran brain based learning terhadap aktivitas belajar PAI siswa. 1 [2], 164-179. Jurnal Attthulab. Tersedia: https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/atthulab/article/download/2525/2502

Indrawati, F. (2020). Peningkatan kemampuan literasi matematika di era revolusi industri 4.0. 1 [1], 382-386. Prosiding Seminar Nasional Sains. Tersedia: http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/4064

Kuswidi, I. (2015). Brain-based Learning untuk meningkatkan literasi matematis siswa. E-jurnal Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika. 6[2], 195 - 202. Tersedia: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/view/49

Organization for Economic Co-Operation and Development (OECD). (2018). PISA 2021 mathematics framework.Tersedia.https://pisa2021-maths.oecd.org/files/PISA%202021%20Mathematics%20Framework%20Draft.pdf

Sukoco, H. (2014). Efektivitas pendekatan brain-based learning (BBL) ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Jurnal AgriSains, 2 [5], 148-165. Tersedia: https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Agrisains/article/view/124

Sunaryo, Y., & Nuraida I. (20017). Pengaruh penerapan model pembelajaran Brain-based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. E-Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 3[2], 89-96. Tersedia: jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6474

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.