ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI STATISTIKA

Sri Wahyuni, Angra Meta Ruswana, Yoni Sunaryo

Sari


Kebanyakan guru kurang memperhatikan kemampuan pemahaman matematis, namun hanya memperhatikan hasil belajar siswa. Kemampuan pemahaman matematis dapat mencapai tujuan pembelajarannya apabila siswa dapat memahami konsep dengan baik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran kemampuan pemahaman matematis siswa SMP pada materi statistika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII di salah satu MTs di Ciamis tahun pelajaran 2020/2021 sebayak 6 orang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Siswa dengan kemampuan pemahaman matematis rendah masih kurang bisa memahami soal, sehingga jawabannya tidak sempurna. Siswa dengan kemampuan pemahaman matematis sedang dan tinggi sudah mampu memahami soal dan menyelesaikannya dengan baik. Dengan demikian, siswa dengan kemampuan rendah tidak dapat mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu, sedangkan siswa dengan kemampuan pemahaman sedang dan tinggi sudah mampu. 2) Siswa dengan kemampuan pemahaman rendah sudah dapat menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu, hanya saja kurang sedikit sempurna dalam penulisan langkah-langkah penyelesaian. Sedangkan siswa dengan kemampuan pemahaman matematis sedang dan tinggi telah mampu memahami soal sehingga siswa dengan kemampuan pemahaman sedang dan tinggi dapat menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu pada materi statistika. 3) Siswa dengan kemampuan pemahaman rendah, sedang dan tinggi mampu memahami soal dan menyelesaikan soal dengan baik dan benar sehingga siswa dengan kemampuan pemahaman rendah, sedang dan tinggi telah mampu mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah pada materi statistika.Kata Kunci : Kemampuan Pemahaman Matematis, Materi Statistika

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Mulyani, A., Indah, E., K., N., & Satria, P. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP pada Materi Bentuk Aljabar. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika 7(2). Retrived from : http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

National Council of Teachers of Mathematics [NCTM]. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Tersedia di: http://www.nctm.org/Standards-andPositions/Principles-and-Standards/.

Ruswana, A., M. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Mata Kuliah Aljabar Linear Elementer. Jurnal Cendikia : Jurnal Pendidikan Matematika 03(02)

Syarifah, L.(2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SMA II.JPPM,10(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i2.6519

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.