ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMA BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL PADA POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI

Aulia Nuryanti, Wahyudin Wahyudin, Ai Tusi Fatimah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMA berdasarkan tingkat kemampuan awal pada pokok bahasan trigonometri. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek pada penelitian ini berjumlah 6 orang yang dipilih berdasarkan hasil nilai ulangan harian trigonometri siswa kelas X IPA 1 - X IPA 5 di salah satu SMA di Kota Banjar Tahun Pelajaran 2020/2021 yang dibedakan melalui tiga tingkat kemampuan awal matematis, yaitu tinggi, sedang dan rendah. Masing-masing tingkat kemampuan awal matematis diambil 2 siswa secara acak. Penelitian ini dilakukan melalui tes kemampuan berpikir kreatif matematis berupa 4 butir soal uraian, obesrvasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: (1) Mereduksi data (2) Menyajikan data (3) Menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Beberapa siswa cenderung belum mampu memenuhi kemampuan berpikir kreatif dalam aspek berpikir lancar (fluency) pada pokok bahasan trigonometri. Hanya subjek KT-1 dengan kemampuan awal matematis tinggi yang mampu memenuhi aspek. Subjek dengan kemampuan awal matematis sedang dan rendah cenderung belum mampu memenuhi aspek. (2) Semua siswa dengan kategori kemampuan awal matematis tinggi, sedang dan rendah cenderung belum mampu memenuhi kemampuan berpikir kreatif dalam aspek berpikir luwes (flexibility) pada pokok bahasan trigonometri. (3) Semua siswa dengan kategori kemampuan awal matematis tinggi, sedang dan rendah cenderung belum mampu memenuhi kemampuan berpikir kreatif dalam aspek berpikir orisinal (Originality) pada pokok bahasan trigonometri. (4) Beberapa siswa mampu memenuhi kemampuan berpikir kreatif dalam aspek berpikir terperinci (elaboration) pada pokok bahasan trigonometri. Hanya subjek dengan kemampuan awal matematis sedang KS-2 dan kemampuan awal matematis rendah KR-1 yang cenderung belum mampu memenuhi aspek.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amidi, & Zahid, M. Z. (2016). Membangun Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan E-Learning. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang 2016, 586–594.

Ardiyanto, B., Abdulloh, M., Septiasari, S., Setyaningrum, L., Matematika, P., & Tidar, U. (2019). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas xi sma islam secang pada materi trigonometri. 59–64.

Hancock, D. R., & Algozzine, B. (2006). Doing Case Study Research. Teachers Colllege Press.

Nahdi, D. S. (2019). Keterampilan Matematika Di Abad 21. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 133–140.

Nurlaela, L., Ismayanti, E., Samani, M., Suparji, & Buditjahjanto, I. G. P. A. B. (2019). Strategi Belajar Berpikir Kreatif (TIM (ed.)). Pustaka Media Guru.

Piirto, J. (2011). Creativity for 21st Century Skills How to Embed Creativity into the Curriculum. In Sense Publishers (Issue January 2011). http://link.springer.com/chapter/10.1007/978-94-6091-463-8_1.

Sopiah, E. S., Effendi, A., & Sunaryo, Y. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VII Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). 1(2), 1–10.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (28th ed.). ALFABETA, cv.

Trisnawati, I., Pratiwi, W., Nurfauziah, P., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sma Kelas Xi Pada Materi Trigonometri Di Tinjau Dari Self Confidence. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 383. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p383-394.

Ulandari, N., Putri, R., Ningsih, F., & Putra, A. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 227–237. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.99.

Zakiah, N. E., Fatimah, A. T., & Sunaryo, Y. (2020). Implementasi Project-Based Learning Untuk Mengeksplorasi Kreativitas Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 286. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.4194




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i1.6526

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.