PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) SECARA DARING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA (Studi Kasus Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Kelas X Madrasah Aliyah Pesantren Pembangunan Majenang)

Linatus Sofia Ayu Lestari, Awang Kustiawan, Nur Ilmiyati

Sari


AbstractThis study aims to obtain and determine the effect of the online Student Team Achievement Division type cooperative learning model on students’ cognitive learning outcomes between before and after treatment. This type of research is quantitative research with experimental research methods. The research design or research design used in this sudy is a quasi-experimental research design, namely the one-group pretest–posttest design (initial test-single group final test). The instrument used is a test consisting of pretest and posttest items. The research subjects were 28 students of class X IPA 1 Madrasah Aliyah Pesantren Pembangunan. This test is given in the form of multiple-choice with a total of 20 items with a revised Bloom’s Taxonomy indicator. The results of the reliability test of the pretest and posttest items showed Cronbach’s Alpha value = 0,88 which was included in the category of moderate reliability. Based on the results of data analysis and hypothesis testing that has been done, it can be seen that the application of the online Student Team Achievement Division type of cooperative learning model has no effect on students’ cognitive learning outcomes. Data analysis using the normality test shows that the data is not normally distributed as evidenced by the value of 2 Count > 2 table, which is 102,26 > 7,81. From the hypothesis testing data using the median test, W count 163 and W tabel 116,94, so W count > W table means that the application of the online Student Team Achievement Division type cooperative learning model on environmental pollution material in class X Madrasah Aliyah Majenang Development Boarding School has no effect on the results. Students’ cognitive learning.Keywords: Learning Outcomes, Cognitive, Student Team Achievement DivisionAbstrakPenelitian ini memiliki tujuan untuk memperoleh dan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division secara daring terhadap hasil belajar kognitif siswa antara sebelum dan sesudah perlakuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian atau rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian quasi eksperimen yaitu rancangan one group pretest-posttet (tes awal-tes akhir kelompok tunggal). Instrumen yang digunakan adalah tes yang terdiri dari butir soal pretest dan posttest. Subjek penelitian berjumlah 28 siswa kelas X IPA 1 Madrasah Aliyah Pesantren Pembangunan. Tes ini diberikan dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah 20 item soal dengan indikator Taksonomi Bloom revisi. Hasil uji reliabilitas soal pretest dan posttest menunjukkan nilai Alpha Cronbach = 0,88 yang termasuk dalam kategori reliabilitas sedang. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division secara daring tidak berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa. Analisis data menggunakan uji normalitas menunjukan data berdistribusi tidak normal yang dibuktikan dengan nilai χ² Hitung > χ² table yaitu 102,26 > 7,81. Dari data uji hipotesis dengan menggunakan uji median di peroleh Whitung 163 dan Wtabel 116,94, sehingga Whitung>Wtabel artinya penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division secara daring pada materi pencemaran lingkungan di kelas X Madrasah Aliyah Pesantren Pembangunan Majenang tidak berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa. Kata Kunci : Hasil Belajar, Kognitif, Student Team Achievement Division

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i1.6549

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.