KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMP DILIHAT DARI PERSPEKTIF GENDER

Siti Awalyah, Ida Nuraida, Yoni Sunaryo

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai kemampuan literasi matematis siswa yang ditinjau dari perbedaan gender. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Baregbeg sebanyak enam orang. Pengumpulan data meliputi tes tertulis dan  wawancara. Data dianalisis berdasarkan aspek kemampuan literasi menurut OECD yaitu a) Merumuskan situasi secara matematis b) menggunakan konsep, fakta, prosedur dan penalaran matematika c) Menafsirkan, menerapkan dan mengevaluasi hasil matematika . Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a)  Kemampuan peserta didik laki-laki menunjukkan kemampuan literasi matematis pada kategori cukup, peserta laki-laki kebanyakan mampu menjawab pertanyaan namun tidak menuliskan langkah-langkah dalam menyelesaikan soal yang diberikan dan peserta didik menjawab pertanyaan sebagian salah; b) kemampuan peserta didik perempuan menunjukkan kemampuan literasi matematis pada kategori baik. Ketiga subyek perempuan mampu menjawab pertanyaan dengan aspek merumuskan situasi secara matematis, terlihat dalam pengerjaan menuliskan jawaban yang sesuai dengan indikator yang diberikan dan sebagian mampu menjawab pertanyaan dengan baik; c) Dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan literasi matematis antara peserta didik laki-laki dan perempuan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Budiono. (2016). Analisis Instrumen Asesmen Berbasis Literasi Matematika di SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika. Universitas Lampung.

Firmanti, P. (2017). Penalaran Siswa Laki-laki dan Perempuan dalam Proses Pembelajaran Matematika. Journal Humanisma, 1(2).

Mahiuddin, W. P., Masi, L., Kadir,. & Anggo, M. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Smp Di Kabupaten Konawe Dalam Perspektif Gender. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 55-65.

Martinah, S, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Master Terhadap Literasi Matematis Ditinjau Dari Perbedaan Gender, 2(2), 2621-1211.

Setiawan, A., Inganah, S., & Ummah, S. K. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal PISA ditinjau dari Gender. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 6(1), 2549-8401.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Zubaidah, A. M. Z. (2013). Perspektif Gender Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Marwah, 12(1), 2407-1587.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i1.6697

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.