ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMP DALAM PENYELESAIAN SOAL MATEMATIKA BERBASIS CERITA

Resti Oktaviani, Ai Tusi Fatimah, Ida Nuraida

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai  level kemampuan literasi matematis siswa SMP dalam penyelesaian soal matematika berbasis cerita. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah soal cerita dalam topik aritmatika sosial dan level kemampuan literasi matematis pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di salah satu SMP di Kota Banjar pada tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Tekink purposive sampling. Subjek sebanyak 15 siswa yang dipilih secara acak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes level kemampuan literasi matematis siswa, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan berdasarkan pencapaian level kemampu an literasi matematis siswa. Hasil analisis data menunjukan bahwa : (1)Terdapat siswa yang mampu mengerjakan soal tes dengan baik menggunakan konsep yang sesuai dengan jawaban benar dan mampu mencapai level 1. (2) Terdapat siswa yang mampu mengerjakan soal dengan baik menggunakan konsep yang sesuai tapi jawaban masih salah pada level 2 dan 3, sehingga siswa dinyatakan belum mencapai level 2 dan 3. (3) Semua siswa tidak mampu mengerjakan soal dengan baik menggunakan konsep yang benar dan  jawaban masih salah pada soal level 4 sampai 6, sehingga siswa dinyatakan belum mencapai level 4 sampai 6.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta, Indonesia : PT Rineka Cipta.

Asmara, A. S., Waluya, S. B., & Rochmad. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas X Berdasarkan Kemampuan Matematika. Scholaria, 7(2), 135–142.

Kafifah, A., Sugiarti, T., & Oktavianingtyas, E. (2018). MENYELESAIKAN SOAL PISA KONTEN Mahasiswa S-1 Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(3).

http://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/10918

Kusniati, I. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Peserta Didik Melalui Penyelesaian Soal-soal Ekspresi Aljabar di SMP Negeri 1 Lambu Kibang. 91.

Lestari, K.E., Yudhanegara, M.R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematiaka. Bandung: PT Refika Aditama

Marlina, M., Nasrullah, A., Mahuda, I., & Junedi, B. (2020). Implementasi Problem Based Learning ( Pbl ) Untuk Mendukung Kemampuan Literasi Matematis Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 13(2), 209–225.

https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/8624/pdf_25

Masjaya, & Wardono. (2018). Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematika dalam Meningatkan SDM. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 568–574.

OECD. (2014). “PISA 2012” Results: What Students Know and Can Do”. OECD Publications, vol.1. (Februari 2014:5-61).

Oktaviyanthi, R., & Agus, R. N. (2019). Eksplorasi Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Kategori Proses Literasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 163–184. https://doi.org/10.22342/jpm.13.2.7066.163-184

Purwasih, R., Sari, N. R., & Agustina, S. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Dan Mathematical Habits Of Mind Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Numeracy, 5(1), 67–76.

Setiawan, B., & Dores, O. J. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Keterampilan Metakognisi Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Mahasiswa. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(2), 68. https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i2.1412

Stecey, K & Turner, R. (2015). Assessing Mathematical Literacy: The PISA Experience.Australia:Springer.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian & pengembangan (research and development). Bandung : Alfabeta.

Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung, Indonesia: CV Alfabeta.

Tanjung, S A (2018) Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VII SMP IT Nurul Ilmi Medan Tahun Ajaran 2017/2018 [Skripsi], Medan (ID) : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Utami, N., Sukestiyarno, Y. L., & Hidayah, I. (2020). Kemampuan Literasi dalam Menyelesaikan Soal Cerita Siswa Kelas IX A. 3, 626–633.

Wahyuddin. (2016). Analisis kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari kemampuan verbal. Vol. 9 No. 2 (Nopember)2016:148-160

Wiguna, D, dkk (2020). Model Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Dan Self-Efficacy Siswa SMP. WILANGAN Volume 1, No. 2, Juni 2020 : 1-14.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i2.6698

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.