MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN MEDIA ZOOM MEETING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Esti Nurul Aeni, Toto Toto, Adang Efendi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematis antara kelas yang memperoleh pembelajaran menggunakan  model blended learning berbantuan  media zoom meeting dengan  kelas  yang memperoleh pembelajaran konvensional. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan variabel terikat berupa kemampuan pemahaman konsep matematis serta variabel bebasnya adalah model blended learning berbantuan media zoom meeting . Desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Cikatomas pada semester genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Penentuan kelas eksperimen dan kontrol menggunakan teknik purposive sampling. Terpilih sebanyak 44 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu 22 siswa kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan 22 siswa kelas VII D sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Perolehan data pretest dan posttest kemudian dijadikan syarat untuk melihat adanya perbedaan pengaruh pembelajaran dengan dilakukan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan pengaruh pembelajaran Blended Learning Berbantuan Media Zoom Meeting terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amin, A. K. (2017). Kajian Konseptual Model Pembelajaran Blended Learning berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Edutama 04(02).

Haqien, D., Rahman, A. A. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Susunan Artikel Pendidikan 05(01)

Murnaka, N. P., Dewi, S. R. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Guided Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang 02(02).

Putri, D. (2017). Model Pembelajaran Concept Attainment dalam MeningkatkanPemahaman Konsep Matematika. Jurnal Tatsqif 015(01).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i2.6715

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.