ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT

Vina Nuryani, Adang Effendi, Ai Tusi Fatimah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada pokok bahasan segiempat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelititan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 4 siswa kelas VII di salah satu SMP Negeri daerah Pangandaran. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data meliputi tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi terkait kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan langkah Polya. Data dianalisis berdasarkan indikator dari pemecahan masalah matematis siswa yaitu memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana, dan melihat kembali hasil yang diperoleh. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) subjek dalam kemampuan memahami masalah masih belum semuanya memahami tentang masalah, berada pada kriteria sedang. 2) subjek dalam kemampuan membuat rencana ada yang sudah membuat dengan baik ada juga yang masih salah dalam merencanakan apa yang harus dilakukan, berada pada kriteria rendah. 3) subjek dalam kemampuan melaksanakan rencana masih ada yang keliru dalam melakukan perhitungan dan ada juga yang sudah benar dalam melakukan perhitungan, berada pada kriteria seang. 4) subjek dalam kemampuan melihat kembali hasil yang diperoleh masih ada yang mengabaikan langkah ini ada juga yang memeriksa kembali hasil yang diperoleh, berada pada kriteria rendah.Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Segiempat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aisyah, P. N., Khasanah, U. N., Yuliani, A., & Rohaeti, E. E. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Segiempat Dan Segitiga. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 1025–1036.

Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar. Supremum Journal of Mathematics Education, 2(2), 77–83.

Davita, P. W. ., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Pemechan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23601

Handayani, S., & Saragih, E. M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Mastery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa. Jurnal Matematics Paedagogic, IV(2), 163–174. https://doi.org/https://doi.org/10.36294/jmp.vxix.xxx

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kulaitatif, dan R &D (pp. 1–334). Bandung. ALFABETA, CV.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2).

Sunaryo, Y., & Nuraida, I. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran braim-based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematiks, 3(2), 89–96.

Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-Efficacy Siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis An Analysis of Mathematics Problem-solving Ability and Self-Efficacy Students of Junior High School in Ciamis Regency. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166–175.

Zakiah, N. E., Sunaryo, Y., & Amam, A. (2019). Implementasi pendekatan kontekstual pada model pembelajaran berbasis masalah berdasarkan langkah-langkah polya. Jurnal Teori Dan Riset Matematika, 4(September), 111–120.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i1.6736

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.