ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMA DITINJAU DARI SELF-EFFICACY

Nia Lestari, Nur Eva Zakiah, Sri Solihah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa SMA yang ditinjau dari Self Efficacy. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPA 1 sebanyak 20 orang. Dari kelas tersebut dipilih dua siswa dari masing-masing kelompok Self Efficacy untuk diwawancarai dan di analisis kemampuan koneksi matematis nya. Pengumpulan data meliputi Angket Self Efficacy, tes koneksi matematis dan wawancara. Setelah data hasil angket Self Efficacy dan tes koneksi matematis diperoleh, kemudian dianalisis kemampuan koneksi matematis nya berdasarkan Self Efficacy siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kelompok siswa Self Efficacy tinggi sebanyak 5 orang, mampu memenuhi indikator koneksi antar konsep dalam matematika dan mengkoneksikan konsep matematika dengan bidang lain dan terdapat satu subjek yang tidak memenuhi salah satu dari keempat indikator kemampuan koneksi matematis; (2) Kelompok siswa dengan Self Efficacy sedang sebanyak 12 orang, hanya memenuhi indikator mampu menghubungkan antara konsep matematika dengan bidang lain dan terdapat satu subjek yang tidak memenuhi salah satu dari keempat indikator kemampuan koneksi matematis.; dan (3) Kelompok siswa dengan Self Efficacy rendah sebanyak 3 orang, tidak ada yang memenuhi salah satu dari keempat indikator kemampuan koneksi matematis.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adni, D. N., Nurfauziah, P., & Rohaeti, E. E. (2018). Analisis Koneksi Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Self-efficacy Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5).

Aisyah, S. N. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Materi Aljabar Melalui Model Pembelajaran Inkuiri pada Siswa Kelas VIII MTs Al Mukmin Muhammadiyah Tembarak. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Akuba, S. F., Purnamasari, D., & Firdaus, R. (2020). Pengaruh Kemampuan Penalaran, Efikasi Diri dan Kemampuan Memecahkan Masalah Terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 4(1), 44-60.

Apipah, S., & Kartono. (2017). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Gaya Belajar siswa pada Model Pembelajaran Vak dengan Self Assessment. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 02, 148-156.

Hadin, H., Pauji, H.M., & Aripin, U. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematik Siswa MTS Ditinjau dari Self Regulated Learning. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(4), 657-666.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Utari, S. (2017). Hard Skill dan Soft Skill Matematik Siswa. Bandung: PT. Refika Aditama.

Jatisunda, M. G. (2017). Hubungan Self-efficacy Siswa SMP dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal THEOREMS, 1(2), 24-30.

Latipah, E. D. P., & Afriansyah, E. A. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Pembelajaran CTL dan RME. Jurnal Matematika, 17(1), 1-12.

Muchlis, A., Komara, E. S., Kartiwi, W., Nurhayati., Hendriana, H., & Hiadayat, W. (2018). Meningkatkan Koneksi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Open-Ended Dengan Setting Kooperatif Tipe NHT. KALAMATIKA, 3(1), 81-92.

Mukhtari, Z., Yuliani, A., & Hendriana, H. (2019). Analisis Pengaruh Self-efficacy Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(5).

National Council of Teachers of Mathematics (2000). Principles of Standards for School Mathematics. Reston, VA : Author.

Siagian. (2016). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education dan Science, 2(1).

Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-efficacy Siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166-175.

Warih, P. D., Parta, I. N., & Rahardjo, S. (2016). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Teorema Phytagoras. (Knpmp I), 377–384.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i1.6738

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.