PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Vina Resti Rahayu, Dedeh Dedeh, Utty Suwirta

Sari


Usaha dalam meningkatkan hasil belajar siswa merupakan tanggungjawab guru dalam pembelajarannya dikelas. Upaya itu guru harus mampu menciptakan interaksi yang optimal agar seluruh siswa aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen, 2) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol. Dan 3) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving lebih tinggi dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest). Metode Penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment design tipe nonequival control group design. Penelitian dilakukan dengan objek penelitian yang terdiri dari 2 kelas, yang terdiri dari 1 sebagai kelas Eksperimen dan 1 kelas sebagai kelas Kontrol. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji F, N-Gain dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama terdapat Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving pada pengukuran awal (pretes) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas Eksperimen. Kedua, terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretes) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol. Dan ketiga terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving dengan peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest).

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. 2018. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arwansyah. 2017. Pengaruh model pembelajaran thinking aloud pair problem solving terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X AKDIS MKBM Sinar Husni Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Skripsi Prodi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan.

Barkley, Elizabert E. K. Patricia Cross, dan Claire Howell Major. 2012. Collaborative Learning Techniques. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Darsono. 2012. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refrika. Aditama.

Desriyanti, Yulisa. 2014. Pengaruh Metode Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Matematik Siswa. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Jihad dan Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kurniawan, Deni. 2014. Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, dan. Penilaian). Bandung: Alfabeta.

Nurhayati, H. 2012. Penerapan Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Skripsi Sarjana Pendidikan Matematika UPI. Bandung: tidak diterbitkan.

Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Putra, S. R. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: Diva Press.

Rusman. 2013. Metode- Metode Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Setianingrum, Murti Ayu. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Skripsi Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Setiawati, Ni Luh Putri. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif TAPPS Berbantuan LKS terhadap Sikap Sosial dan Hasi Belajar Matematika Siswa Kelas VI SLB N Gianyar. e-journal Program Pascasarjana, Vol 5, No 1 Tahun 2015.

Sharan, Shlomo. 2014. The Handbook Of Cooperative Learning: Inovasi Pengajaran dan Pembelajaran Untuk Memacu Keberhasilan Siswa Di Kelas. Yogyakarta: Istana Media.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Slavin. 2012. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pusaka Pelajar.

Syah, Muhibbin. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Undang- Undang No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan. Nasional.

Widiyastuti. 2014. Penerapan Strategi Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) dalam Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMPN 11 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.3/No.1. Universitas Negeri Padang.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i2.6840

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.