PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN TATAP MUKA DENGAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ZOOM MEETING

Junaidi Sesfao, Budi Setia, Adun Rusyana

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan hasil belajar kognitif siswa dengan metode tatap muka dan zoom meeting pada siswa Kelas X MIPA di SMA Plus Nashrul Haq Kota Tasikmalaya. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental (Peneltian Semu) dengan desain penelitian solomon two group design. Populasi dan Sampel penelitian ini adalah Kelas X MIPA SMA Plus Nashrul Haq Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2020-2021. Sampel diambil dengan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan untuk penelitian ialah instrument tes. pengambilan data hasil belajar kognitif siswa dilakukan dengan soal pre test dan post test berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal pada sub materi Ekosistem. Data hasil penelitian dianalisis secara statistik meliputi Uji T-test untuk menghitung hasil Perbandingan Metode tatap muka dan zoom meeting. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung: 1,5 ttabel dan ttabel:2,04 maka sesuai dengan  rumus ttabel ≥    : 2,04 ≥ 1,5 = Ho di terima dan Ha ditolak. Sehingga tidak terdapat perbedaan antara Metode Tatap muka dan Zoom  Meeting terhadap hasil belajar Kognitif siswa kelas X MIPA SMA Plus Nashrul Haq Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ali I. M. 2020 pendidikan di madrasah Ibtidaiyah Daruh najah. “kelebihan pembelajaran tatap muka” tesedia online. hhttps://www.patinews.com/kelebihan-kekurangan-pembelajaran-daring- dan-tatap-muka/ diakse pada tanggal 25 Februari 2021 pukul 12:51 wib https://www.spssstatistik.com/rumus-korelasi-product-moment/ diakses tanggal 25 Februari 2021 pukul 14:02 Wib

Cahyani, A., Listiana, I. D., Puteri, S., Larasati, D., Islam, U., Sunan, N., Yogyakarta, K., Islam, U., Sunan, N., Yogyakarta, K., Islam, U., Sunan, N., Yogyakarta, K., & Belajar, M. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. 3(01), 123–140.

Ismawati, D., & Prasetyo, I. (2021). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19 Abstrak. 5(1), 665– 675. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.671

Kelana, J. B. (2021). “Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Pembelajaran Sains.” 4(1), 18–22.

Kusumawati, N. (2017). “Penerapan Metode Active Learning Tipe Team Quiz Untuk Meningkatkan Keaktifan Bertanya Dan Kreatifitas Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Sdn Ronowijayan Ponorogo”. 1(2), 26–36.

Manurung, adinda N. H. (2019). “Perkecambahan Kacang Panjang Ungupada Berbagai Media Yang Berbeda Germination of Purple Long Beans in Several Media”. 43–52.

Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2021). Perkembangan Kognitif Bidang Auditori pada Anak Usia Dini. 5(1), 805–813. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.640

Rizqah, Z., Setyaningsih, M., & Mayarni, M. (2019). Hubungan Pengetahuan Mikrobiologi dengan Sikap Peduli terhadap Kesehatan pada Mahasiswa Pendidikan Biologi. 03(01), 7–13.

Tambunan, N., & Siagian, I. (n.d.). Analisis Lingkungan Belajar dan Aktivitas Belajar Daring Siswa SMP pada Masa Pandemi Covid-19. 2, 371–382.

Rifai F. W. 2020. Kelebihan dan kekurangan zoom meeting sebagai media belajar dan rapat online. Online:https://forumbaca.com/kelebihan-dan- kekurangan-zoom-cloud-meeting-sebagai-media-belajar-dan-rapat-online. Diakses tanggal 25 Februari 2021 pukul 12:42 wib




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i2.6887

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.