HUBUNGAN SELF CONFIDENCE DENGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Popi Sopiah, Euis Erlin, Asep Amam

Sari


Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah rendahnya self confidence yang mengakibatkan tidak percaya dengan kemampuan yang dimilikinya sehingga kemampuan komunikasi matematisnya rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara self confidence dengan kemampuan komunikasi matematis siswa tahun ajaran 2021/2022 di SMA Negeri 1 Kawali. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dan jenis penelitian adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Kawali sebanyak 216 siswa. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan sebanyak 140 siswa dengan mengggunakan rumus Slovin. Dalam penelitian, variabel penelitiannya yaitu self confidence sebagai variabel X dan kemampuan komunikasi matematis sebagai variabel Y. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengukur self confidence, tes digunakan untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis. Teknik analisis data menggunakan uji validitas dengan rumus perhitungan Product Moment Pearson, reliabilitas dengan rumus perhitungan Cronbach’s Alpha, indeks kesukaran dan daya pembeda menggunakan anatesv4. Kemudian dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas Kolmogorov-Smirnow, uji koefisien korelasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara self confidence dengan kemampuan komunikasi matematis dengan nilai koefisien korelasinya sebesar 0,567 dengan kategori cukup kuat.Kata kunci: Self Confidence, Kemampuan Komunikasi Matematis

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kemendikbud. (2014). Permendikbud No. 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mullis IVS, et al. (2016). TIMSS 2015 Internasional Result in Mathematics. Boston College: IEA.

Muniroh, S., Rosyana, T., & Hendriana, H. (2018). Hubungan Self-Cofidence Dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 479. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p479-486

Noviyana, I. N., Dewi, N. R., & Rochmad. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Self- Confidence. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 2, 704-709.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 03(02), 333-352.

Putri, T. A. E., Jamiah, Y., & Sayu, S. (2020). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dikaji Dari Self Confidence. Jurnal AlphaEuclidEdu, 1(2), 83. https://doi.org/10.26418/ja.v1i2.42873

Salam, R. (2017). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Dan Komunikasi Matematis. Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI, 20 (2), 108-116.

Sidik, A., Ramlah, 7 Utami, M. R. (2017). Hubungan Antara Self Confidence Dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (SESIOMADIKA), 222 – 226.

Siska., Sudardjo., &Purnamaningsih, E. H. (2003). Kepercayaan Diri dan Kecemasan Komunikasi Interpersonal Pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi, (2), 67 – 71.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional. 8 Juli 2003. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 4301. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i2.6956

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.