UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SIPERVISI AKADEMIK DI SD NEGERI KEPENDILAN

Komariyah Komariyah

Sari


Keberhasilan sebuah program apabila pelaksanaannya dilakukan secara sungguh-sungguh, berkesinambungan, dilakukan pengawasan, pendampingan serta evaluasi. Dari titik inilah diperlukan layanan supervisi dalam kelangsungan pendidikan terutama dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun perangkat pembelajaran melalui supervisi akademik. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah non tes diantaranya observasi/ pengamatan dan studi dokumen. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi berupa rubrik, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor pada guru kelas IV mengalami kenaikan dari 75 pada siklus I menjadi 83,5 pada siklus II dengan kategori baik. Begitupun pada guru kelas V mengalami kenaikan dari 73,25 pada siklus I menjadi 83,5 pada siklus II dengan kategori baik. Maka dapat disimpulkan bahwa supervisi akademik telah berhasil untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun perangkat pembelajaran.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Astuti, S. (2017). Supervisi akademik untuk meningkatkan kompetensi guru di SD Laboratorium UKSW. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 49–59.

Asyhari, M. (2011). Supervisi Akademik Pengawas Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Jepara. IAIN Walisongo.

Bano, Y. H. (2018). Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Supervisi Akademik di SMP Negeri 12 Gorontalo. Jurnal Pascasarjana, 3(2), 214–225.

Hasanah, M. L., & Kristiawan, M. (2019). Supervisi Akademik dan Bagaimana Kinerja Guru. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 97–112.

Kodirin, K., Sagala, S., & Milfayetty, S. (2020). DESAIN PENGEMBANGAN DAN PEMENUHAN KEBUTUHAN PENGAWAS SMA DI KABUPATEN NATUNA. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN INDONESIA, 7(2), 58–73.

Nuridin, N., Maerani, I. A., Soleh, M. M. A., & Anwar, K. (2019). Meningkatkan kompetensi kepala sekolah swasta di Kota Semarang berdasarkan Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018. Indonesian Journal of Community Services, 1(2), 165–174.

Rosilawati, T. (2020). Supervisi Akademik dalam Upaya Peningkatan Motivasi Guru Menyusun Perangkat Persiapan Pembelajaran. Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah Dan Kepengawasan, 2(2).

Sarifudin, S. (2019). Implementasi supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di madrasah ibtidaiyah negeri (min) kota bogor. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(01), 49–70.

Suastini, R. (2021). SUPERVISI AKADEMIK SEBAGAI INDIKATOR PENINGKATAN KINERJA GURU. PINTU: Jurnal Penjaminan Mutu, 2(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i1.6989

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.