NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL KESENIAN KILININGAN DI DESA HEGARMANAH KECAMATAN CIDOLOG KABUPATEN CIAMIS (2015-2020)

Dewi Yulianti, Uung Runalan Soedarmo, Wulan Sondarika

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejarah, perkembangan dan nilai-nilai kearifan lokal yang terdapat dalam kesenian Kiliningan di Desa Hegarmanah Kecamatan Cidolog Kabupaten Ciamis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kesenian Kiliningan adalah seperangkat alat musik gamelan yang diiringi sinden untuk menyayikan sebuah lagu dalam berbagai pementasan. Kesenian Kiliningan merupakan kesenian dari daerah Subang yang menyebar sampai ke Desa Hegarmanah dibawa langsung oleh seniman asli daerah tersebut yaitu Bapak Ukaman. Kesenian Kiliningan hadir ditengah-tengah masyarakat Hegarmanah pada tahun 2015 sampai sekarang. Kesenian ini pada awalnya hanya ada dalam acara tertentu saja namun sekarang sudah hampir dalam setiap acara sudah terdapat kesenian ini. Nilai-nilai yang terkandung dalam kesenian ini yaitu: nilai religius, nilai sosial, nilai ekonomi, nilai estetika dan nilai pendidikan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kuntowijoyo, 2013. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R N D Bandung: Alfabeta.

Zubaedi. 2013. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana.

Nurmalinda,W S. 2017. Makna Simbol Budaya Dan Nilai Estetika Pada Tradisi Perahu Baganduang di Desa Seberang Pantai Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau. Jurnal Koba Vol 4 No 1.

Rifai’i, M K. 2016. Internalisasi Nilai-Nilai Religius Berbasis Multicultural Dalam Membentuk Insan Kamil, Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol 4 No 1.

Sondarika, W. 2014. Kebudayaan Ngabungbang Dari Tahun 1915-2009 Di Kota Banjar. Jurnal Artefak Vol. 2 No. 2.

Febriyanti, D. 2014. Kearifan Lokal Kesenian Reyog Dan Upaya Mempertahankannya Di Desa Sumoroto Kecamatan Kauman Kabupaten Ponorogo. Universitas Negeri Yogyakarta.

Hidayatuloh, S. 2019. Nilai-Nilai Kearifan Lokal Upacara Adat Ngikis Di Situs Karangkamulyan Kabupaten Ciamis. Ciamis: Universitas Galuh.

Rosalinda, D. 2019. Nilai-Nilai Kearifan Lokal Kesenian Genye (Bebegig) Di Kabupaten Purwakarta. Universitas Galuh.

Simbolon, L H. 2018. Nilai – Nilai Pendidikan Dalam Novel Kemayoran. Medan: Universitas Sumatera Utara.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i1.7003

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.