ANALISIS PENCAPAIAN DAN KENDALA PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS (PTMT)

Krise Mulyadi, Nani Ratnaningsih

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa serta pembelajaran yang masih bertumpu pada guru. Dalam kurikulum 2013, guru dituntut untuk kreatif dalam melakukan proses pembelajaran yakni dengan cara menggunakan model pembelajaran. Salah satu alternatifnya yakni menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Model pembelajaran tersebut adalah Problem Based Learning. Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) adalah suatu pendekatan pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang cara berfikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah, serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial dari materi pelajaran.  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan oleh guru dan mendeskripsikan kendala yang dialami guru dalam menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran matematika di SMA. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Banjar Kota Banjar. Subjek utama dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Matematika Kelas X, XI dan XII. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan cara wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: pembelajaran Problem Based Learning (PBL) penting diterapkan dalam pembelajaran matematika karena dapat melatih kemampuan berpikir kritis sehingga peserta didik, mampu memecahkan masalah, aktiv berdiskusi, dan menumbukan motivasi belajar Jadi dapat disimpulkan bahwa agar penerapan pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) itu berjalan maksimal semua perangkat pembelajarannya disusun dengan perencanaan yang terencana, dan baik serta dibutuhkan waktu yang cukup.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amir, M.T. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Anwar, K., & Jurotun, J. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMA Pada Dimensi Tiga Melalui Model Pembelajaran PBL Berbantuan Alat Peraga. Kreano, Jurna Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 94–104. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.19366Ariyana, Yoki dkk. 2018. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Barrett, T et al., (2005). Handbook of Enquiry & Problem Based Learning. Barrett, T., Mac Labhrainn, I., Fallon, H. (Eds). Galway: CELT. [Online].Fauziah, R., Abdullah, A. G., & Hakim, D. L. (2017). Pembelajaran saintifik elektronika dasar berorientasi pembelajaran berbasis masalah. Innovation of Vocational Technology Education, 9(2).

Madyaratri, D. Y., Wardono, & Kartono. (2020). Mathematics Literacy Skill Seen from Learning Style in Discovery Learning Model with Realistic Approach Assisted by Schoology. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 11(1). Nasution, Nurlian. Rizwaldi jalius dan Syahril. 2019. Buku Model Blended Learning. Pekanbaru: Unilak Pres.Meleong, J Lexy. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nissa, Siti Faizatun, And Akhmad Haryanto. 2020. “Implementasi Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS 8(2): 402.Nurhasanah, L. (2009). Meningkatkan Kompetensi Strategis (Strategic Competence) Siswa SMP melalui Model PBL (Problem Based Learning). Skripsi pada FPMIPA UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo PersadaR. Sundayana, Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2016.

Sugiyono, (2016) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.

Sugrah, N., Saraha, A. R., & Djumat, H. H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 4 Kota Ternate. J. Saintifik@MIPA, 1(1), 20-25.

Sugrah, N., Saraha, A. R., & Djumat, H. H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 4 Kota Ternate. J. Saintifik@MIPA, 1(1), 20-25.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i1.7023

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.