PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH PADA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN DI SD NEGERI KEBON SARI I

Lutfiah Lutfiah

Sari


Guru merupakan pendidik profesional dengan tugas pokok mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, mengevaluasi, dan mengevaluasi peserta didik. Untuk mendukung SDM di sekolah, salah satu tugas kepala sekolah adalah mampu menciptakan guru yang profesional agar dapat bekerja sesuai dengan arahan yang diberikan Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun perangkat pembelajaran melalui supervisi akademik. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah non tes diantaranya observasi/ pengamatan dan studi dokumen. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi berupa rubrik, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor pada guru kelas I mengalami kenaikan skor dari 84,5 pada siklus I menjadi 93,25 pada siklus II dengan kategori sangat baik. Begitupun pada guru kelas IV mengalami kenaikan dari 80,5 pada siklus I menjadi 92 pada siklus II dengan kategori sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa supervisi akademik telah berhasil untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun perangkat pembelajaran..

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Berliani, T. (2017). Implementasi Supervisi oleh Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. JMSP (Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan), 1(3), 218–226.

Matnuh, H. (2017). Perlindungan hukum profesionalisme guru. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 46–50.

Muriah, S. (2012). Peran Supervisi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam. Dinamika Ilmu: Jurnal Pendidikan, 12(1).

Pratama, R., Muslim, F., Hendra, R., Sofwan, M., & Anwar, K. (2017). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERKONTRIBUSI TERHADAP KOMPETENSI GURU DAN REKOMENDASI KEBIJAKAN (Studi Kasus Pada Salah Satu Kecamatan Di Kabupaten Tebo).

Puspita, N. (2018). Peran Supervisi Klinis Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Banawa Kab. Donggala. IAIN Palu.

Risang, P. (2020). Tantangan Tahun Ajaran Baru di Tengah PJJ yang Sarat Kendala. IDN TIMES BANTEN. https://banten.idntimes.com/news/banten/paulus-risang-pratama-1/tahun-ajaran-baru-dimulai-pembelajaran-jarak-jauh-masih-sarat-kendala-regional-banten/8

Sudargini, Y. (2021). Peran Supervisi Akademik dan Motivasi Kerja Terhadap Peningkatan kompetensi Guru SMA Negeri di Pati. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 2(6), 13–21.

Yuniar, Y., & others. (2013). Mutu Madarasah dan Profesionalisme Guru: Tuntutan di Era Globalisasi. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 18(01), 135–161.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i1.7030

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.