PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI TEKNIK DRILL DI KELAS 1 SD NEGERI SUKMAJAYA 1 KOTA CILEGON-BANTEN

Junariyah Junariyah

Sari


Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui prestasi belajar matematika siswa kelas I melalui penggunaan teknik drill. Penelitian dilaksanakan di kelas I SD SDN Sukmajaya I Kota Cilegon tahun ajaran 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dalam tiga siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I nilai siswa adalah 60,09% dan akhirnya meningkat menjadi 70,09% pada siklus II. Pada siklus III, nilai siswa meningkat menjadi 80,09%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik drill dapat meningkatkan nilai mata pelajaran Matematika siswa dan mencapai prestasi belajar 100%.Kata Kunci: Pembelajaran Matematika, Teknik Drill, Prestasi Belajar Siswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta : Remaja Rosdakarya

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1988, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka.

Hudoyo, Herman. 1990. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang: IKIP Malang

Indrawati, dkk.2009. Pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan untuk guru SD. Jakarta : PPPPTK Matematika Program BERMUTU.

Lie, Anita. 2002. Teknik Drill: Mempraktikkan Teknik Drill di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia

Nur, Muhammad. 2000. Pengajaran Berpusat Pada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis Dalam Pengajaran. Surabaya: UNESA

Joni, Raka, T. 1985 Cara Belajar Siswa Aktif Implementasinya Terhadap Sistem Penyampaian, Jakarta P2LPTK Ditjen Dikti Depdikbud (*).

Joni, Raka.1985b. Teknik Belajar-Mengajar: Suatu Tinjauan Pengantar. Jakarta;: P2LPTK Dirjen Dikti Depdikbud. (*)

Sulo Lipu La Sulo, 1990. Strategi Belajar – Mengajar pada DII Pendidikan Guru Sekolah Dasar.Ujung Pndang: Penitia Penataran PKD PGSD, Proyek PTK, Ditjen Dikti, Depdikbud.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i1.7159

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.