PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI METODE EKSPOSITORI DI KELAS I SD NEGERI MASIGIT II KOTA CILEGON-BANTEN TAHUN PELAJARAN 2019-2020

Hodriyah Hodriyah

Sari


Proses belajar mengajar di kelas I SD melalui metode ekspositori bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan tentang topik pembelajaran yang sedang dibahas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ketercapaian motivasi belajar bahasa Indonesia siswa melalui metode ekspositori. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa telah mencapai nilai standar ideal. Hasil siklus I adalah 36,07 % dan kemudian hasil siklus II 65,75 %. Hasil siklus III adalah 75,86 %. Hal ini menunjukkan bahwa skor minimum telah tercapai. Hasil penelitian tindakan menunjukkan pencapaian 100% dari total target skor. Artinya motivasi belajar siswa sudah mencapai 100%. Hal ini menunjukkan bahwa metode ekspositori dengan pemberian kuis dapat memberikan motivasi positif kepada siswa. Kata Kunci: Metode Ekspositori, Motivasi Belajar Siswa, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Suranto, E. 2006. Bahasa Indonesia Bisnis dan Manajemen untuk SMK Kelas 3. Wonogiri: Yudhistira.

Prayitno, E. 1989. Motivasi dalam Belajar. Jakarta: Depdikbud.

Supartini, Endang. 2001. Diagnosis Kesulitan Belajar dan Pengajaran Remedial. Yogyakarta: FIP-UNY.

Suherman, Erman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kontemporer. Bandung: Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia FMBAHASA INDONESIA UPI.

Frith, Constance. MotiVation to Learn. http://www.usask.ca/education/ coursework/802papers/ Frith/MotiVation.HTM. Diakses 1 September 2008

Herman H. 1988. Megajar Belajar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.

Herman, H. 2001. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia FMBAHASA INDONESIA Universitas Negeri Malang.

Usman, Uzer. 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Muhibbin S, M.Ed. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana, N dan Ibrahim. 2001. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Bandung.

Dahar, R. W. 1996. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Wiriatmadja, R. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Azwar, S. 1996. Tes Prestasi Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sardiman A. M. 1996. Interaksi dan MotiVasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wirodikromo, S. 2004. Bahasa Indonesia untuk SD Kelas I. Jakarta: Erlangga.

Slameto. 1991. EValuasi Pendidikan. FKIP UKSW Salatiga: Bumi Aksara.

Rumini, S. 2003. Diagnosis Kesulitan Belajar. Yogyakarta: FIP-UNY

Arikunto, S. 2003. Dasar-dasar EValuasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Latief, Suryawahyuni. 2008. Meningkatkan MotiVasi Belajar. http://202.152.33.84/index.php?option=com_content&task=View&id=13377&Itemid=46. Diakses 26 Mei 2018

Susiyana. 2006. Upaya Meningkatkan MotiVasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa melelui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams-Games-Tournaments) di SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta Kelas III. Skripsi. Yogyakarta: Jurdik Bahasa Indonesia FMBAHASA INDONESIA UNY.

Munandar, Utami. 1992. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak sekolah. Jakarta: Gramedia.

Winkel. 1991. Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i1.7160

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.