PENINGKATAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION

Elis Wachyuni

Sari


Self-efficacy  merupakan suatu hal yang harus dimiliki oleh siswa agar dapat mencapai keberhasilan dalam belajar termasuk  pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di sekolah. Upaya untuk meningkatkan self-efficacy dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran. Salah satu model yang dapat digunakan untuk meningkatkan self-efficacy siswa adalah direct instruction. Oleh sebab itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan self-efficacy siswa melalui model pembelajaran direct instruction pada mata pealajaran PAI-BP. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Responden dari penelitian ini adalah siswa kelas XI RPL2 SMKN Bantarkalong Tasikmalaya yang berjumlah 35 orang. Instrumen penelitian ini adalah angket self-efficacy. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran direct instruction dapat meningkatkan self-efficacy siswa pada mata pealajaran PAI-BP di kelas XI RPL2 SMKN Bantarkalong Tasikmalaya. Hasil skala akhir pada siklus I memperoleh rerata sebesar 2,86 sedangkan pada siklus II memperoleh rerata sebesar 5,09. Peningkatan yang diperoleh sebesar 2,23.Kata kunci: Self-efficacy  , Model Pembelajaran Direct Instruction

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Burden. P. R., & Byrd. D. M. (2003). Method for Effective Theaching. Pearson Education, USA.

Cahyani, N., d& Winata, H. (2020). Peran efikasi dan disiplin diri dalam peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantora, 5(2), 234-249. Doi: 10.17509/jpm.v4i2.18008.

Hasmatang. (2018). Pentingnya self efficacy pada diri pesrta didik. Prosiding Seminar Nasioal Biologi VI, 296-298.

Nuryaninim. (2012). Self Efficacy Matematika. Online : http://www.slideshare.net/Interest_Mat ematika_2011/self-efficacy-matematis .(13 Desember 2012).

Sanjaya, W. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Indonesia: Kencana Prenada Media Group.

Suastikayasa, K. (2011). Self Efficacy Matematika Siswa. Online : http://dinastitamblang.blogspot.co.id/2013/05/selfefficacy-matematika-siswa.html.(5 Oktober 2011).

Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Indonesia: Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i1.7161

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.