PENERAPAN SUPERVISI KLINIS KEPALA SEKOLAH SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DI SDN MASIGIT II

Wawan Kuswandi

Sari


Masalah penting yang sering dihadapi guru dalam kegiatan pembelajaran adalah memilih atau menentukan materi pembelajaran atau bahan ajar yang tepat dalam rangka membantu siswa mencapai kompetensi. Menjadi tugas guru untuk menjabarkan materi pokok tersebut sehingga menjadi bahan ajar yang lengkap. Selain itu, bagaimana cara memanfaatkan bahan ajar juga merupakan masalah. Pemanfaatan dimaksud adalah bagaimana cara mengajarkannya ditinjau dari pihak guru, dan cara mempelajarinya ditinjau dari pihak siswa. Tujuan dari penelitian tindakan sekolah( PTS ) ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pembinaan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dalam memilih bahan ajar. Dalam penelitian tindakan sekolah( PTS ) ini dilakukan dalam 3 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan kinerja guru dengan mencapai standar ideal.Dari 65,61% pada siklus I, dapat meningkat menjadi 73%  pada siklus II, dan siklus ke III 80,84 %. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa pembinaan melalui supervisi klinis kepala sekolah dapat meningkatkan kinerja guru dalam memilih bahan ajar di SDN Masigit II Kecamatan Jombang Kabupaten Sumbawa. 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul Gafur (1986). Disain instruksional: langkah sistematis penyusunan pola dasar kegiatan belajar mengajar. Sala: Tiga Serangkai.

Abdul Gafur (1987). Pengaruh strategi urutan penyampaian, umpan balik, dan keterampilan intelektual terhadap hasil belajar konsep. Jakarta : PAU - UT.

Arifin, I. 2000. Profesionalisme Guru: Analisis Wacana Reformasi Pendidikan dam Era Globalisasi. Simposium Nasional Pendidikan di Universitas Muhammadiyah Malang, 25-26 September 2001.

Arikunto, Suharsimi. 1993. Manajemen Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi.2007. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta : PT Bumi Aksara.

Bafadal Ibrahim, 1979. Supervisi Pengajaran Teori dan Aplikasinya dalam Membina Profesional Guru, Jakarta: Rineka Cipta.

Dedi Herawan, 2005. Pengembangan Model Supervisi Klinis Mata Pelajaran IPA-Biologi: Efektifitas Model Inovasi Supervisi Klinis Mata Pelajaran IPA Biologi dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru IPA Biologi di SMU. Tesis Tidak diterbitkan UPI Bandung.

Depdiknas RI,2003.Undang Undang No 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional.Jakarta : depdiknas.

Dirjen PMPTK,2007.Peraturan Menteri no 13 Tentang Standar Kompetensi Kepala Sekolah.Jakarata : Dirjen PMPTK Depdiknas

Direktorat PLP Depdiknas. 2005. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i1.7222

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.