PENGARUH MODEL PjBL-STEM DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI BIOTEKNOLOGI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA

Amalia Janatun Ma'wa, Toto Toto, Awang Kustiawan

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PjBL-STEM dalam pembelajaran IPA pada materi bioteknologi terhadap motivasi belajar siswa. Motivasi belajar merupakan salah satu dari berbagai faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar. Sementara motivasi belajar dipengaruhi oleh model pembelajaran yang digunakan dalam sebuah  pembelajaran. Oleh sebab itu perlu memilih dan mencobakan model pembelajaran untuk  meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-April 2020. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Cijeungjing sebanyak 7 (tujuh) kelas. Sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 1 (satu) kelas yaitu kelas IX H  yang dipilih dari populasi dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pertimbangan pemilihan sampel tersebut berdasarkan informasi dari pengajar IPA bahwa kelas IX H metovasinya paling rendah dibandingkan dengan kelas-kelas lainnya. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimental dengan jenis penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar sebagai data utama dengan didukung lembar observasi. Data hasil penelitian dianalisis secara statistik meliputi perhitungan N-Gain dan Uji Median/Wilcoxon. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penerapan model PjBL-STEM dalam pembelajaran IPA pada materi bioteknologi terhadap motivasi belajar siswa.Kata Kunci: Project Based Learning; STEM; Motivasi Belajar Siswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan Project Bsed Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Ditinjau dari Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2, 202-212. doi:http://dx.doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8561

Chiang, C. L. (2016). The Effect of Project-Based Learning on Learning Motivation and Problem-Solving Ability of Vocational High School Students. International Journal of Information and Education Technology, 6(9), 709-712.

Devi, PK., Herliani, E., Setiawan, R., Yanuar, Y., & Karyana, S. (2018). Bimtek Pembelajaran Berbasis STEM dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama

Glynn, S. M. (2009). Science Motivation Quistionnare : Construct Validation With Nonscience Majors. Journal of Reseach in Science Teaching, 46, 127-146. doi:10.1002/tea.20267

Jauhariyyah, FR., Suwono, H., & Ibrohim. (2017). Science, Technology, Engineering and Mathematics Project Based Learning. Pros. Seminar Pend. IPA Pascasarjana UM.

Mutakinati, L., Anwari, I., & Yoshisuke, K. (2018). Analysis of Students Critical Thingking Skill of Middle School Through STEM Education Project-Base Learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1, 54-65. doi:10.15294/jpii.v7il.10495

Partnership for 21st Century Learning. (2015). P21 Framework Definition. [Online]. Tersedia: http://www.p21.org/storage/documents/docs/P21_P21_Framework_Definitions_New_Logo_2015.pdf [Diakses 22 Juli 2020]

Priansa, Donni J. (2017). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia

Rohmah, N. U. Ansori, Y.Z. & Nahdi, Dede S. (2019). Pendekatan Pembelajaran STEM dalam Meningkatkan Kemampuam Literasi Sains Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan.

Sudjana. Nana. (2013). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Toto. (2019). STEM-based Science Learning Design in 2013 Curriculum. International Seminar on Science Education. doi:10.1088/1742-6596/1233/1/012094

Tseng, K.-H. Chang.C-C. Lou, S-J. & Chen, W-P. (2013). Attitudes Toward Science, Technology, Engineering And Mathematics (STEM) In A Project-Based Learning (PjBL) Environment. International Journal of Technology and Design Education, 3, 87-102. doi:10.1007/s10798-011-9160-x

Uno, H. B. (2019). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan (1 ed.). (Junwinanto, Ed.) Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i1.7256

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.