PERNGARUH ARUS KAS DAN LABA AKUNTANSI TERHADAP RETURN SAHAM

Ade Rian Maulana, Sukomo Sukomo, Endang Mulyadi

Sari


Laporan arus kas pada perusahaan LQ-45 terdapat beberapa kekurangan yang diamana informasi yang tersaji masih minim sehingga mempengaruhi keputusan investasi para calon investor dalam memutuskan keputusan investasi mereka di perusahaan tersebut. Laba akuntansi pada perusahaan LQ-45 di atas ada beberapa masalah dimana ada beberapa perusahaan mengalami kerugian dan itu bisa berdampak bagi perusahaan dan mempengaruhi keputusan investasi bagi para calon investor. Masalah yang dihadapi return saham pada perusahaan LQ-45 yaitu minimnya informasi untuk para calon investor dan juga terkadang ada keterlambatan update data mengenai return saham. Tujuan dari penelitian ini adalah; 1) Bagaimana pelaporan arus kas pada perusahaan LQ-45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia; 2) Bagaimana pelaporan laba akuntansi pada perusahaan LQ-45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia; 3) Berapa besar return saham pada perusahaan LQ-45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia; 4) Besarnya pengaruh arus kas terhadap return saham pada perusahaan LQ-45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia; 5) Besarnya pengaruh laba akuntansi terhadap return saham pada perusahaan LQ-45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia; 6) Besarnya pengaruh arus kas dan laba akuntansi secara bersama atau simultan terhadap return saham pada perusahaan LQ-45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan beberapa simpulan sebagai berikut : Variabel Arus kas berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap variabel return saham. Variabel laba akuntansi berpengaruh positif secara signifikan terhadap variabel return saham. Secara simultan, variabel Arus Kas dan Laba Akuntansi secara simultan memiliki pengaruh positif secara signifikan terhadap Return Saham.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul Halim (2003). Sistem Pengendalian Manajemen. Edisi Revisi. Yogyakarta. UPP AMP YKPN

Belakoui, A.R. (2007). Accounting Theory. 5th Edition. Buku 2. Edisi Terjemahan. Jakarta: Salemba Empat.

Horne, JC dan Walker, JM. 2005. Fundamentals of financial managemen. Buku edisi 1. Edisi terjemahan. Jakarta. Salemba Empat.

Husnan dan Pudjiastuti (2009). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Yogyakarta. UPP STIM YKPN.

Kasiram, Moh. (2008). Metodologi Penelitian. Malang: UIN-MALIKI Press.

Mas’ud Machfoedz. 2005. “Persepsi Akuntan dan Mahasiswa tentang Etika Bisnis”. Jurna Akuntansi Indonesia vol. 2(1) p.1-19.

Mishkin F. (2001). The Economic Of Money Banking, and Financial Market. Edisi terjemahan. Jakarta. Salemba Empat.

Muqodim. 2005. Teori Akuntansi. Edisi Kesatu. Ekonisia. Yogyakarta. Republik Indonesia.

Sri Purwanti, Endang Masitoh, Yuli Chomsatu. (2015). Pengaruh Laba Akuntansi dan Arus Kas Terhadap Return Saham yang Listing di BEI. Jurnal Auntansi dan Pajak Vol. 16. No. 01.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Edisi Keduabelas. Bandung: Alfabeta.

Samsul, Muhammad. (2006). Pasar Modal dan Manajemen Portofolio. Erlangga. Surabaya

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Edisi Keduabelas. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, D. (2013). Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: Alfabeta.

Tandelin, Eduardus. (2010). Portofolio dan Investasi Teori. Edisi Pertama. Yogyakarta: Kanisius.

Yocelyn, Azalia, Yulius Jogi Setiawan. (2012). Analisa Pengaruh Laba Bersih dan Arus Kas Terhadap Reurn Saham. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Vol. 14 No. 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i2.7700

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.