PENGARUH BEBAN OPERASIONAL TERHADAP LABA BERSIH PADA PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA. Tbk

Ade Solihudin, Ahyo Ruhyanto, Firman Aryansyah

Sari


Laba dihasilkan dari selisih antara sumber daya masuk berupa pendapatan dan keuntungan dengan sumber daya keluar berupa beban dan kerugian selama periode waktu tertentu. Pendapatan adalah hasil dari kegiatan operasional perusahaan sedangkan beban adalah biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk membiayai kegiatan operasional dengan tujuan untuk memperoleh pendapatan yang diharapkan perusahaan. Metode penelitian yang digunakan deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Analisis data statistik yang digunakan adalah analisis koefisien korelasi sederhana, koefisien determinasi dan uji hipotesis uji t. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh hasil bahwa pengaruh beban operasional terhadap laba bersih perusahaan sebesar 0,00064 % sedangkan sisanya sebesar 99,99% dipengaruhi oleh faktor lain di luar laba bersih yang tidak diteliti penulis dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis uji t diperoleh hasil  uji  sebesar -0,0044 pada dk = (n-2) = (5-2) = 3 dan ɑ = 0,05  diperoleh  sebesar 5,84091 dengan demikian maka jika t hitung < t table, maka Ha ditolak dan Ho diterima, maka Hipotesis ditolak artinya beban operasional  berpengaruh negatif terhadap laba bersih.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Harahap, Sofyan Syafri. (2015). Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Edisi 1-10. Jakarta: Rajawali Pers.

Hery. (2009). Teori Akuntansi. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Offset.

Jumingan. (2006). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Soemarso. (2010). Akuntansi Suatu Pengantar. Edisi 5. Cetakan keenam. Jakarta: Rineka Cipta

Adyana Mahaputra, I Nyoman Kusuma. (2012). “Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba pada Perusahan Manufaktur yang Terdaftar di BEI”. Jurnal Akuntansi dan Bisnis, Vol.7 No.2.

Gurning, I. M. (2020) Pengaruh Beban Operasional dan Pendapatan Usaha Terhadap Laba Bersih Pada PT. Perkebunan Nusantara IV Medan. Skripsi. Universitas Medan Area.

Pazrin, R. (2021). Pengaruh Beban Operasional Terhadap Laba Bersih Pada PT. Naratas Poultry Shop Ciamis. Skripsi. FKIP. Universitas Galuh Ciamis.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i3.8110

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.