ANALISIS NORMA SOSIOMATEMATIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DARING (ONLINE) PADA SISWA SMA DI JAKARTA

Adam Firdaus, Samsul Maarif

Sari


Penelitian yang dilakukan melibatkan norma yang dianalisis dalam sosiologis pembelajaran Matematika melalui model pembelajaran online di SMA PGRI empat siswa asal Jakarta. Peniliti memiliki tujuan pada artikel ini, yaitu ingin mengetahui norma sosiologis pada pembelajaran matematika didalam kondisi COVID-19 melalui sistem pembelajaran daring. Pada penelitian ini juga jenis pendekatannya adalah berbentuk kualitatif deskritif. Dijelaskan dengan pendekatan ini, angket standar sosiologis dan wawancara yang digunakan Subjek pada artikel ini adalah siswa yang berada dikelas X (Sepuluh) MIPA-2 SMA PGRI empat Jakarta. Berdasarkan dengan apa yang telah diteliti, hasilnya adalah 6 siswa memiliki kriteria standar sosiologis tinggi, 19 siswa memiliki kriteria sedang atau baik, dan lima siswa memiliki kriteria standar sosiologis rendah. Hasil ini menunjukkan bahwa siswa memiliki tingkat norma sosial yang berbeda, yang mempengaruhi pemahaman dan keyakinan siswa, yang mempengaruhi kinerja akademik siswa ketika belajar matematika secara online.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. In Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Aslamiah, H. (2018). Studi norma sosiomatematik dalam pembelajaran matematika.

Chaviaris, P., & Kafoussi, S. (2010). Developing Students‟ Collaboration in a Mathematics Classroom through Dramatic Activities Petros Chaviaris & Sonia Kafoussi University of the Aegean. International Electronic Journal of Mathematics Education, 5(2), 91–110.

Herbel-eisenmann, B. (2003). Examining “norms” in mathematics education literature: Refining the lens. 1–17.

Kadir. (2008). Mengembangkan Norma Sosiomatematik (Sociomathematical Norms) dengan Memanfaatkan Potensi Lokal dalam Pembelajaran Matematika. Mengembangkan Norma Sosiomatematik (Sociomathematical Norms) Dengan Memanfaatkan Potensi Lokal Dalam Pembelajaran Matematika, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Kang, S. M., & Kim, M. K. (2016). Sociomathematical norms and the teacher’s mathematical belief: A case study from a Korean in-service elementary teacher. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(10), 2733–2751. https://doi.org/10.12973/eurasia.2016.1308a

Mottier Lopez, L., & Allal, L. (2007). Sociomathematical norms and the regulation of problem solving in classroom microcultures. International Journal of Educational Research, 46(5), 252–265. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2007.10.005

Rizkianto, I. (2013). Norma Sosiomatematik Dalam Kelas Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, (November), 978–979.

Rofiq, A. N., Hobri, & Setiawan, T. B. (2017). Analisis Norma Sosiomatematik Dalam Pembelajaran Kolaboratif Pokok Bahasan Persamaan Linier Satu Variabel Kelas Vii-B Smp Negeri 4 Jember. Kadikma, 8(2), 87–94.

Sulfikawati, D. (2016). Analisis Norma Sosiomatematik dalam Pembelajaran Kolaboratif Pokok Bahasan Segitiga dan Segiamepat di Kelas VII-C SMP Negeri 11. Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember, 1(3), 1–56.

Tatsis, K. (2007). Investigating the influence of social and sociomathematical norms in collaborative problem solving. Cerme 5, 5, 1321–1330.

Wedege, T. (2003). Sociomathematics : people and mathematics in society. Adults Learning Maths Newsletter, (20), 2–4.

Wijaya, A. (2008). Permainan (Tradisonal) untuk Mengembangkan Interaksi Sosial, NOrma Sosial dan Norma Sosiomatematik pada Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 287. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Yackel, E., & Cobb, P. (1996). Sociomathematical norms, argumentation, and autonomy in mathematics. Journal for Research in Mathematics Education, 27(4), 458–477. https://doi.org/10.2307/749877

Zhafira, N. H., Yenny, E., & Chairiyaton. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1), 37–45.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i3.8360

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.