PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS TPACK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Novita Permatasari, Toto Toto, Endang Hardi

Sari


Pembelajaran di Indonesia pada abad 21 menuntut siswa untuk memiliki kemampuan berpikir kritis karena pembelajaran saat ini tidak cukup hanya dengan memiliki kemampuan mengingat saja namun harus mampu menganalisis, memecahkan masalah, mengidentifikasi serta mengembangkan penalaran yang dimiliki. Selain itu, pembelajaran di Indonesia juga harus mampu mengikuti perkembangan digitalisasi di abad 21. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri berbasis TPACK terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Waktu penelitian dilaksanakan mulai bulan Januari s.d bulan Juli 2022. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Baregbeg. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas X IPA 1 sebanyak 34 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Eksperimental dengan desain penelitian One-Grup Pretest-Posttest Design. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis berupa pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji Z. Hasil penelitian diperoleh Zhitung˃ Ztabel yaitu 3,42 ˃ 1,65. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri berbasis TPACK terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ajizah, I. dan Huda, M.N. (2020). “TPACK Sebagai Bekal Guru PAI di Era Revolusi Industri 4.0”. Jurnal Pendidikan Islam. 8(2) : 333-352.

Al-Tabany, T.I.B. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual. Jakarta. Prenada Media.

Anggareni, N.W., Ristiati, N.P. dan Widiyanti, N.L.P.M. (2013). “Implementasi strategi pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep IPA siswa SMP”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia. 3(1).

Diani, R., Saregar, A. dan Ifana, A. (2016). “Perbandingan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik”. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(2): 147-155.

Fathurrohman, M. (2016). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.

Fatimah, S. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Penerapan Blended Learning Dalam Kerangka Tpack Pada Materi Sistem Imun. Tesis Universitas Pasundan Bandung.

Maryam, Kusmiyati, Merta, I.W., dan Artayasa, I.P. (2020). “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa”. Jurnal Pijar MIPA. 15(3) : 206-213

Nurdiansyah dan Fahyuni, E.F. (2016). Inovasi Pembelajaran sesuai kurikulum 2013. Sidoarjo. Nizamia Learning Center.

Nurgana, E. (1985). Statistika Untuk Penelitian. Bandung. CV Permadi.

Siregar, F.A. (2019). Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran Abad 21. Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Medan.

Subhan, M. (2020). “Analisis Penerapan Technological Pedagogical Content Knowledge Pada Proses Pembelajaran Kurikulum 2013 di Kelas V”. International Jurnal of Technology Vocation Education and Training. 1(2) : 174-179.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung. Alfabeta.

Sunarti, I. dan Fadilah, D. N. N. (2019). “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa”. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi. 16(01) : 15-25.

Sutama, I. N., Arnyana, I. B. P. dan Swasta, I. B. J. (2014). “Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap ketrampilan berpikir kritis dan ketrampilan proses sains pada pelajaran biologi Kelas X IPA SMA Negeri 2 Amlapura”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia. 4(1).

Syahputra, E. (2018). Pembelajaran abad 21 dan penerapannya di Indonesia. Seminar Nasional Universitas Quality Sinastekmapan.

Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C: Learning and innovation skills untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. Makalah pada Seminar 2nd Science Education National Conference Universitas Trunojoyo Madura, Madura.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i3.8590

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.