PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS TPACK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA

Dinda Ayunda, Awang Kustiawan, Euis Erlin

Sari


Problem Based Learning berbasis TPACK sudah memiliki tujuan yang sesuai dengan kerakteristik abad 21 yang menuntut memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model PBL berbasis TPACK terhadap peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Permasalahan yang diuji dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model PBL berbasis TPACK terhadap peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan mei 2022. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 3 Ciamis sebanyak 32 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh jumlah populasi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan Sampling Total. Desain penelitian menggunakan yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Instrumen penelitian berupa soal tes kemampuan berpikir tingkat tinggi yang meliputi menganalisis, mengevaluasi dan mencipta dalam bentuk soal uraian/essay. Data hasil penelitian dianalisis secara statistik yang meliputi uji N-Gain, Uji Normalitas, dan Uji Hipotesis (uji Z). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan model PBL berbasis TPACK terhadap peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi sistem pernapasanKata Kunci: PBL, TPACK, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al-Tabany, T. I. B. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Konteksual. Jakarta: Prenada Media.

Berlina, S. (2020). Pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah (pbl) terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi (hots) pada konsep sistem peredaran darah (Kuasi Eksperimen di SMAN 10 Tangerang Selatan) (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Fathurrohman, (2016). Model-model pembelajaran inovatif. Jogjakarta. Ar-ruzz Media.

Gunawan, I., & Palupi, A. R. (2016). Taksonomi Bloom–revisi ranah kognitif: kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan penilaian. Premiere educandum: jurnal pendidikan dasar dan pembelajaran, 2(02).

Hake, R.R. (1999). Analyzing change/gain scores. American Educational Research Assosiation.

Heong, Y. M. 2011. The Level of Marzano Higher Order Thinking Skills Among Technical Education Students. International Journal of Social and humanity, 1(2):121-125.

Nurhayati, N., Angraeni, L., & Wahyudi, W. (2019). Pengaruh model problem based learning, kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi. Edusains, 11(1):12-20

Rahayu, S. (2017). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Integrasi ICT dalam Pembelajaran IPA Abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA IX, 1-14.

Rahmadi, I. F. (2019). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1).

Rahman, B. (2015). Mempersiapkan guru profesional: suatu pendekatan komprehensif (Preparing a professional teachers: a comprehensive approach).

Royantoro, F., Mujasam, M., Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2018). Pengaruh model problem based learning terhadap higher order thinking skills peserta didik. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3):371-382.

Sani, R. A. (2019). Pembelajaran berbasis hots edisi revisi: higher order thinking skills. Tangerang:Tira Smart.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i3.8628

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.