ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM LINTAS MINAT PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN GOOGLE MEET

Aulia Maghfirotul Salsabila, Adun Rusyana, Taupik Sopyan

Sari


Selama pandemi Covid-19 pembelajaran yang berlangsung, baik guru dan siswa sama-sama belajar beradaptasi dengan cara pembelajaran daring. Akan tetapi tidak sedikit siswa yang mengalami kejenuhan, akibatnya minat belajar siswa menurun dan tidak mengikuti pembelajaran dengan baik. Guru berinovasi dalam model pembelajaran selama daring dengan menggunakan media e-learning yaitu google meet. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh minat belajar siswa kelas x program lintas minat pada mata pelajaran biologi dengan menggunakan google meet. Waktu penelitian minggu keempat bulan Mei 2022. Populasi penelitian ini adalah kelas X IPS di SMA N 1 Singaparna. Sampel yang digunakan kelas X IPS 4 sebanyak 31 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan angket dan wawancara. Data yang diperoleh dengan angket dideskripsikan, sedangkan hasil wawancara untuk mendukung data kuantitatif setelah dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukan 67,16% tergolong kriteria yang tinggi. Sehingga terdapat pengaruh pada minat belajar siswa kelas x program lintas minat pada mata pelajaran biologi dengan menggunakan google meet. Kata Kunci:  E-Learning, Minat Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adhi Kusumastuti, A. M. (2020). METODE PENELITIAN KUANTITATIF. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.

Arikunto. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hastarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, Vol. 27 187-203.

Muhammad Rusli, D. H. (2020). MEMAHAMI E-LEARNING: Konsep, Teknologi, dan Arah Perkembangan. Yogyakarta: ANDI (Anggota IKAPI).

Nikmatus Solikha, S. R. (2020). Efektifitas Pembelajaran E-Learning Berbasis Schoology Terhadap Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa X IPS MAN Kota Pasuruan. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial .

Piki Setri Pernantah, N. A. (2021). Penggunaan Aplikasi Google Meet dalam Menunjang Keefektifan Belajar Daring Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 3 Pekanbaru. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 46.

Rusmiati. (2017). PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI EKONOMI SISWA MA AL FATTAH SUMBERMULYO. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, 21-36.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. PT Rineka Cipta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supuwiningsih, N. N. (2021). E-learning untuk Pembelajaran Abad 21 dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Kota Bandung: CV. MEDIA SAINS INDONESIA.

Triyono, S. F. (2020). PENGARUH E-LEARNING EDMODO DENGAN MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR. JURNAL KEPENDIDIKAN, Volume 4, nomor 1, 112-124.

William, H. (2019). Mengukur Tingkat Pemahaman Pelatihan PowerPoint Menggunakan Quasi-Experiment One-Group Pretest-Posttest. JSM STMIK Mikroskil.

Yudhanegara, L. d. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i3.8652

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.