PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Diani Astriany, Rini Agustin Eka Yanti, Rita Patonah

Sari


Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada pengukuran awal (pretest) dengan pengukuran akhir (posttest).Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dengan pengukuran akhir (posttest).Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining denganĀ  yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest). Hasil belajar yang diperoleh oleh peserta didik yang menggunakan metode SFAE lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan metode konvensional.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustin, T., Ruhyanto, A., & Yanti, R. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kooperatif Script Terhadap Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. J-KIP, 3(2), 350. Retrieved from https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/J-KIP/article/view/6166/0

Anggraini, W. D. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS SMA. jpdpb, 5(8), 6-9. Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1253

Arofah, U. N., Samiri, & Heryati, T. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining. J-KIP, 3(1), 249-256. Retrieved from https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/J-KIP/article/view/6315/4630

Delisda, D., & Sofyan, D. (2014). Perbandingan Prestasi Belajar Siswa Antara Yang Mendapatkan Model Pembelajaran Snowball Throwing dan Pembelajaran Konvensional. monsharafa, 3(2), 76. Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/monsharafa/article/view/mv3n2_2/233#

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Iswari, A. P., Sunarsih, E. S., & Tamrin, A. (2017). Perbandingan Hasil Belajar Antara Model Pembelajaran Konvensional dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Accelerated Instruction (TAI). digilib, 4. Retrieved from https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/77539

Muslim, S. R. (2015). Pengaruh Penggunaan Metode Student Facilitator and Explaining dalam Pembelajaran Kooperatif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMK di Kota Tasikmalaya. jp3m, 1(1), 67. Retrieved from https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m/article/view/Sis11/106#

Niak, Y., Mataheru, W., & Ngilawayan, A. D. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC dan Model Pembelajaran Konvensional. jhm, 1(2), 69. Retrieved from htto://journalfkipunipa.org/index.php/jhm/article/view/8/5

Ningsih, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Student Facilitator and Explaining Berbantuan Media Rotar. wasis, 1(2). Retrieved from https://jurnsl.umk.sc.id/index.php/wasis/article/download/502/2329

Nurjanah, A., Dumeva, A., & Handayani, T. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe Student Facilitator and Explaining (SFE) Terhadap Aktivitas Belajar Siswa. jpmatematika, 2(2), 125. Retrieved from https://jurnal.um-palembang.ac.id/jpmatematika/article/view/1639

Rahayu, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. jppk, 4(2). Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jppk/article/view/11315/5416

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono. (2015). Cooperative Learning (Teori &Aplikasi Paikem). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Taufik, R. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Tentang Materi Pancasila Sebagai Ideologi Negara. jwp, 4(2), 3. Retrieved from https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/jwp/article/view/744/647

Widiasih, L. S., I Made, & Renda, N. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran SFAE Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. JISD, 3(2), 137. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/31/36

Yanto, Y., & Juwita, R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. JUDIKA, 1(1). Retrieved from https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JUDIKA/article/view/247/174

Yenti, G., Armiati, & Susanti, D. (2014). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Ceramah Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Negeri 4 Padang. Ekonomi. Retrieved from http://ejournal-s1.stkip-pgri-sumbar.ac.id/index.php/Ekonomi/article/view/1377




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i3.8654

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.