PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN KOPI KI OYO DI KECAMATAN RANCAH KABUPATEN CIAMIS)

Rosie Suci Pebriani, Sukomo Sukomo, Endang Mulyadi

Sari


Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Seberapa besar perkembangan biaya promosi pada perusahaan Kopi Ki Oyo; 2) seberapa besar perkembangan profitabilitas pada perusahaan Kopi Ki Oyo; 3) sebesapa besar pengaruh biaya promosi terhadap profitabilitas pada perusahaan Kopi Ki Oyo. Adapun tujuan penelitian ini dalah 1) Untuk mengetahui besarnya perkembangan biaya promosi pada perusahaan Kopi Ki Oyo; 2) Untuk mengetahui besarnya perkembangan profitabilitas Kopi Ki Oyo; 3) Untuk mengetahui besarnya pengaruh biaya promosi terhadap profitabilitas perusahaan Kopi Ki Oyo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dengan teknik analisis data yang digunakan adalah statistika deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) besarnya perkembangan biaya promosi pada perusahaan Kopi Ki Oyo dari periode 2016 hingga 2019 mengalami kenaikan setiap tahunnya, adapun pada periode terakhir tahun 2020 mengalami penurunan dikarenakan oleh beberapa faktor yang tidak di teliti pada penelitian ini. Adapun rata-rata besarnya biaya promosi setiap tahunnya sebesar Rp. 45.825.200. sedangkan perkembangannya mengalami kenaikan sebesar 3,25% setiap tahunnya; 2) besarnya perkembangan profitabilitas perusahaan Kopi Ki Oyo dari periode 2016 hingga 2019 mengalami kenaikan setiap tahunnya, adapun pada periode terakhir tahun 2020 mengalami penurunan dikarenakan oleh beberapa faktor yang tidak di teliti pada penelitian ini. Adapun rata-rata besarnya profitabilitas setiap tahunnya sebesar 61,73%, sedangkan perkembangannya mengalami kenaikan sebesar 0,025 % setiap tahunnya; 3) biaya promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas pada perusahaan Kopi Ki Oyo. Adapun besarnya pengaruh sebesar 78,6%.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Harahap, Sofyan Syafri. 2009. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan Edisi Pertama. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Jefkins, Frans. 2000. Periklanan (Edisi kelima Terjemahan Haris Munandar). Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2006. Manajemen Pemasaran Edisi Sebelas. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.

Kotler dan Keller. 2012. Marketing Manajemen 14th ed. United States of Amerika: Library of Congress Cataloging-in-Publication Data

Sartono, Agus. 2012. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi Edisi Empat. Yogyakarta: BPFE

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung : IKAPI

Sutrisno, Edi. 2009. Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi Edisi Pertama Cetakan Ketujuh. Yogyakarta: Ekonisia

Sutrisno, Edi. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tjiptono, Fandy. 2007. Manajemen Pemasaran Edisi Kedua Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit

Liberty




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i3.8662

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.