PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 2 CIAMIS

Riska Nurliani, Dedeh Dedeh, Firman Aryansyah

Sari


Rendahnya hasil belajar merupakan masalah dalam penelitian ini, maka pendidik dituntut untuk segera mencari berbagai upaya diantaranya dengan pemilihan model pembelajaran dan metode yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe pair checks pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 2) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe pair checks dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eskperimen jenis quasi experimental. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe pair checks pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe pair checks dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest).

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku:

Huda, M. (2017). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kunandar. (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran (Berorientasi Standar Proses Pendidikan). Jakarta: PT. Karisma Putri Utama.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Jurnal:

Delisda, D., & Sofyan, D. (2014). Perbandingan Prestasi Belajar Siswa Antara Yang Mendapatkan Model Pembelajaran Snowball Throwing dan Pembelajaran Konvensional. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 75-84.

Hasanah, S. U. (2019). Studi Komparasi Penerapan Metode Active Learning Model Reading Aloud dan Metode Konvensional Model Ceramah dalam Pembelajaran Bahasa Arab dan Pengaruhnya terhadap Respon Siswa Kelas V MI MA'Arif 01 Pahonjean Majenang. Jurnal Tawadhu, 3(1), 804-822.

Hasanah, Z. (2021). Model Pembelajaran kooperatif dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1(1), 1-13.

Irham, M., & Armiati, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMPN 29 Padang. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika, 8(3), 102-109.

Iswari, A. P. (2017). Perbandingan Hasil Belajar Anatara Model Pembelajaran Konvensional dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI) pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kelas X TGB Di SMK Negeri 2 Surakarta. UNS (Universitas Sebelas Maret), 4.

Nabilah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c), 662.

Niak, Y., Mataheru, W., & Ngilawayan, D. A. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Pada Model Pembelajaran CIRC Dan Model Pembelajaran Konvensional. Jurnal Matematika Honai, 1(2), 67-80.

Wahyuni, A., & Rizal, S. (2022). Pengaruh Model pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Journal of Technology and Literacy in Education, 1(1), 28-33.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i3.8687

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.