PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 2 CIAMIS

Siti Maysaroh, Ilah Ilah, Dedeh Dedeh

Sari


Rendahnya hasil belajar siswa merupakan masalah dalam penelitian ini, karena hasil belajar merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan proses pembelajaran, maka pendidik dituntut untuk segera mencari berbagai upaya untuk mencapai keberhasilan, rendahnya hasil belajar dilatarbelakangi oleh berbagai faktor diantaranya pemilihan model pembelajaran dengan tipe yang tepat digunakan oleh pendidik, adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 2) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian eskperimen dengan bentuk quasi experimental design tipe nonequivalent control group design. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest).

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku:

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz

Media.

Sugiyono.(2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Syafaruddin., dkk.(2019).Guru Mari Kita Menulis Penelitian Tindakan Kelas

(PTK).Yogyakarta:Deepublish.

Artikel dalam jurnal:

Botty, M.(2018). Hubungan Kreativitas Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Mi Ma’had Islamy Palembang. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 4(1), 41-55.

Fadillah, A.(2016). Analisis minat belajar dan bakat terhadap hasil belajar matematika siswa. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 133-122

Hariadi,S., Haris, M., & Junaidi, E.(2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Kimia. Chemistry Education Practice, 2(2), 8-13.

Lovisia, E.(2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar. SPEJ (Sience and Physic Education Journal), 2(1), 1-10.

Nabilah, Tasya & Agung Prasetyo Abadi.(2020). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Sesiomadika. 2(1).

Rosyidah, U.(2016). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Metro. SAP(Susunan Artikel Pendidikan), 1(2).

Wahab, Abdul, Junaedi, & Muh. Azhar.(2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu. 5(2).

Winarso, W.(2016). Internalisasi Nilai – Nilai Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dalam Model Pembelajaran di Perguruan Tinggi ( Studi Eksperimen di Jurusan Tadris Matematika). Jurnal Math Educator nusantara, 2(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i3.8695

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.