PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TIPE OPEN ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Rosi Santika, Ilah Ilah, Rizka Andhika Putra

Sari


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas XI SMA YRM Cihawar. Hasil belajar merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan proses pembelajaran, maka dari itu pendidik dituntut untuk segera mencari berbagai upaya untuk mencapai keberhasilan. Rendahnya hasil belajar peserta didik dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya pemilihan model pembelajaran dengan tipe yang kurang tepat digunakan oleh pendidik. Menyikapi permasalahan tersebut pada penelitian ini penulis menerapkan model pembelajaran berbasis masalah tipe open ended pada kelas eksperimen dan metode pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model bembelajaran berbasis masalah tipe open ended pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). 2) Perbedaan hasil peserta didik yang menggunakan metode konvensional pada pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah tipe open ended dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimental nonequivalent control group desain dan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Penelitian ini menghasilkan beberapa simpulan sebagai berikut:1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah tipe open ended pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest).2) Terdapat perbedaan hasil peserta didik yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest).3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah tipe open ended dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran akhir (posttest).

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Billya, B. (2015). Penerapan Model Open Ended Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 1 Rekapang-

Wonosegoro-Boyolali. Jurnal, Vol 5 No 1, 78-91. Retrieved from https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/download/7/6

Diarasita, P. A. (2016). Penerapan Model Open Ended Berbantuan Media Visual Dapat Meningkatkan Keaktifan Dan Penguasaan Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal, Vol 4 No 1, 1-8. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/7123

Huda, Miftahul. (2015). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kurniati, R. &. (2016). Penerapan Strategi Pembelajran Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Palembang. Jurnal Ilmiah PGMI, 1-18. Retrieved from https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/buana_Matematika/article/download/2508/2410

Nada, I. d. (2018). Penerapan Model Open Ended Problems Berbantuan CD Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV SD 1 Golantepus. Jurnal, Vol 4 No 2, 216-227. Retrieved from https:/jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpsd/article/download/3856/2787

Permana, D. I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Open Ended Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Edukasi, Jilid 8 No 2, 115-120. Retrieved from https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/edukasi/article/view/4310

Saragih, L. M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik. Jurnal, Vol 5 No 4, 1-9. Retrieved from https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/download/1250/707

Suprihatiningrum, J. (2016). Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi . Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i3.8701

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.