PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 KAWALI

Agnis Fauziah Fitriany, Maman Herman, Ilah ilah

Sari


Penelitian di latarbelakangi bahwa adanya hasil belajar siswa yang masih rendah di Sma Negeri 1 Kawali. Adapun rendahnya hasil belajar siswa di sebabkan oleh beberapa faktor diantaranya metode pembelajaran yang guru terapkan kurang tepat, kurangnya media pembelajaran yang guru terapkan dan kurangnya antusias siswa dalam belajar. Adapun tujuan dari penelitian ini: (1) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL)   pada pengukuran awal (pre-test) dan pengukuran akhir (post-test). (2) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Konvensional pada pengukuran awal (pre-test) dan pengukuran akhir (post-test). (3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Konvensional pada pengukuran akhir (post-test). Di dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design yaitu Nonequivalent Control Group Design.Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). (2) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). (3) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) bila dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest).

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bakhuruddin, M. d. (2021). Strategi Belajar Mengajar. Bojonegoro: Cv. Agrapana Media.

Chityadewi, K. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan Pecahan dengan Pendekatan Ctl (Contextual Teaching And Learning). Journal of Education Technology, 3 (3), 196-202. Retrieved From https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/21746

Dana, R. (2012). Faktor-faktor yang Mempengaruhi hasil belajar siswa kompetensi dasar ayat jurnal penyesuaian mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS si SMA Negeri 1 bae Kudus. Economic Education Analysis Journal. Retrieved From https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/667

Dimyati, M. d. (2015). Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Erci, S. N. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Ctl di Kelas V SD Inpres 03 Terpencil Baina'a. Jurnal Kreatif Tadulako Online, Vol 4 No. 6 ISSN 2354-614X. Retrieved From https://media.neliti.com/media/publications/114289-ID-meningkatkan-hasil-belajar-siswa-dalam-p.pdf

Erina, S. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Ctl Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar . Jurnal Ilmu Pendidikan, 4 Nomor 2 Tahun 2022. Retrieved From https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/2044

Kurniawan, B. (2017). Studi Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Tekik Listrik Dasar Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 4 No. 2. Retrieved From https://ejournal.upi.edu/index.php/jmee/article/view/9627/5936

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Putrianasari, D. (2015). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas 5 SD Negeri Cukil 01 Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang. Scholaria, 5 No. 1. Retrieved From https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/6

Sari, I. P. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 1 No. 1. Retrieved From http://jurnal.umt.ac.id/index.php/prima/article/view/251

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Taniredja, T. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i3.8707

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.