Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Ditinjau Dari Kemandirian Belaja Di Kampung Nelayan Pangandaran

Rusdi Attamami, Ai Tusi Fatimah, Yoni Sunaryo

Sari


Latar belakang masalah pada penelitian ini berangkat dari aktivitas masyarakat Kampung Nelayan Pangandaran yang melibatkan matematika di dalamnya dan munculnya pandemi covid-19 yang menyebabkan penyelenggaraan pembelajaran dilakukan secara tentatif. Oleh karenanya perlu diadakan analisis kemampuan koneksi matematis siswa yang ditinjau dari kemandirian belajar. Dari berbagai literatur, kajian pustaka dan penelitian sebelumnya, diperoleh informasi bahwa kemandirian belajar dapat berpengaruh terhadap penguasaan kemampuan koneksi matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa di Kampung Nelayan Pangandaran ditinjau dari kemandirian belajar. Strategi yang digunakan dalam penelitiana ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek pada penelitian ini terdiri dari tujuh orang siswa kelas IX yang tersebar dalam tiga Rukun Tetangga yang merupakan wilayah Kampung Nelayan Pangandaran. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah agket kemandirian belajar, soal tes kemampuan koneksi matematis dan pedoman wawancara. Soal yang dirancang memanfaatkan permasalahan kontekstual yang terdapat dalam aktivitas keseharian masyarakat. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan bahwa 1) seluruh siswa dengan kemandirian belajar kurang dan cukup memiliki kemampuan koneksi konteks dengan konsep matematis; 2) lima siswa dengan kemandirian belajar kurang dan cukup memiliki kemampuan koneksi antar konsep matematis; 3) tiga siswa dengan kemandirian belajar kurang dan cukup memiliki kemampuan koneksi antar prosedur matematis.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Astridayani, A. (2017). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik Kelas Vii Smp Negeri 31 Semarang Pada Materi Perbandingan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(1), 61–68.

Dani, R. (2021). Orang Tua Siswa di Pangandaran Kian Keluhkan Pembelajaran Daring. TIMES INDONESIA. https://www.timesindonesia.co.id/read/news/361674/orang-tua-siswa-di-pangandaran-kian-keluhkan-pembelajaran-daring

Fatimah, A. T. (2021). Koneksi Matematis Siswa pada Tugas Matematis Berbasis Hasil Pertanian: Konteks, Konsep, dan Prosedur Matematis. Jurnal Elemen, 7(2), 295–309. https://doi.org/10.29408/jel.v7i2.3176

Hidayati, I. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Peserta Didik Smp Negeri 01 Kampar Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.

Kemdikbud. (2022). Daftar Satuan Pendidikan (Sekolah) Per Kec. Pangandaran. https://referensi.data.kemdikbud.go.id/index11.php?kode=022558&level=3

Mahdayeni, M., Alhaddad, M. R., & Saleh, A. S. (2019). Manusia dan Kebudayaan (Manusia dan Sejarah Kebudayaan, Manusia dalam Keanekaragaman Budaya dan Peradaban, Manusia dan Sumber Penghidupan). Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 154–165. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v7i2.1125

Pramesti, S. L. D., & Rasmanto. (2021). Studi Etnomatematika: Matematika dalam Aktivitas Masyarakat Pesisir. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding …, 2(1), 41–46.

Pratiwi, T. I., Istirahayu, I., & Mariana, D. (2022). Kemandirian Belajar Siswa SMA Pada Masa Pandemi Covid-19. Coution : Journal of Counseling and Education, 3(1), 41. https://doi.org/10.47453/coution.v3i1.606

Pusat, U. S. (2013). No Title. https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Babakan,_Pangandaran,_Pangandaran

Sofiatun, I. (2020). Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas Viii Pada Model Pembelajaran Cmp Bermuatan Etnomatematika. Universitas Negeri Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i3.8751

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.