KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMP DITINJAU DARI HABITS OF MIND YANG BERASAL DARI KELUARGA PENGRAJIN HANDICRAFT

Syifa Aulia Az-Zahra, Nur Eva Zakiah, Sri Solihah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi matematis siswa SMP ditinjau dari habits of mind yang berasal dari keluarga pengrajin handicraft Rajapolah. Penelitian ini menggunakan studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berasal dari keluarga handicraft Rajapolah sebanyak 6 orang. Dari 6 orang tersebut dikelompokkan berdasarkan Habits of mind yaitu kategori tinggi, sedang, dan rendah untuk diberikan soal tes kemampuan literasi dan diwawancarai. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket habits of mind, tes kemampuan literasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan literasi matematis siswa SMP yang berasal dari keluarga pengrajin handicraft Rajapolah dengan habits of mind tinggi dan sedang mampu memenuhi indikator merumuskan situasi secara matematika Sedangkan  untuk habits of mind rendah belum memenuhi indikator merumuskan situasi secara matematika; (2) kemampuan literasi matematis siswa SMP yang berasal dari keluarga pengrajin handicraft Rajapolah dengan habits of mind tinggi mampu memenuhi indikator menggunakan konsep, fakta, prosedur, dan penalaran matematika sedangkan dengan habits of mind sedang dan rendah siswa belum mampu memenuhi indikator menggunakan konsep, fakta, prosedur, dan penalaran matematika; dan (3) kemampuan literasi matematis siswa SMP yang berasal dari keluarga handicraft Rajapolah dengan habits of mind tinggi, sedang, dan rendah tidak ada yang memenuhi indikator menafsirkan, menerapkan, dan mengevaluasi hasil matematika. Kata kunci:  Habits of mind, kemampuan literasi matematis, keluarga pengrajin handicraft Rajapolah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad, F., & Ni’mah. (2019). Analisis literasi matematika siswa dalam memecahkan soal matematika pisa konten change and relationship. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 3(2), 127–131.

Dwirahayu, G., Kustiawati, D., & Bidari, I. (2018). Pengaruh habits of mind. JPPM, 11(2), 1–13.

Erliani, Y., & Saman, S. (2013). Peristilahan kerajinan tangan tradisional anyaman masyarakat dayak jangkang. 1–10.

Febrianti, T., Zakiah, N. E., & Ruswana, A. M. (2022). Profil kemampuan pemecahan masalah matematis siswa smp pada materi lingkaran ditinjau dari adversity quotient (AQ). J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 3(2), pp. 420-427.

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi hasil PISA (the programme for international student assesment ): upaya perbaikan bertumpu pada pendidikan anak usia dini). Jurnal Golden Age, 04(1), 30–41.

Malasari, P. N. (2019). Kontribusi habits of mind terhadap kemampuan literasi matematis siswa pada materi geometri. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 2(2), 153–164. https://doi.org/10.21043/jpm.v2i2.6361

Miliyawati, B. (2014). Urgensi strategi disposition habits of mind matematis. Infinity Journal, 3(2), 174. https://doi.org/10.22460/infinity.v3i2.62

Nuurjannah, P. E. I., Hendriana, H., & Fitrianna, A. Y. (2018). Faktor mathematical habits of mind dan kemampuan literasi matematis siswa smp di kabupaten bandung barat. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 51. https://doi.org/10.26486/jm.v2i2.423

Prabawati, M. N. (2018). Analisis kemampuan literasi matematik mahasiswa calon guru matematika. Jurnal Mosharafa, 7, 113–120.

Prabawati, M. N., Muslim, S. R., & Mansyur, M. Z. (2021). Analisis kesalahan siswa sekolah menengah pertama di kota tasikmalaya dalam menyelesaikan soal literasi matematis pada materi SPLDV. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 7(2), 117–128. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i2.3661

Purwasih, R., Sari, N. R., & Agustina, S. (2018). Analisis kemampuan literasi matematika dan mathematical habits of mind siswa smp pada materi bangun ruang sisi datar. Numeracy, 5(1), 67–76.

Sugandi, A. I., Bernard, M., & Linda, L. (2021). Pendekatan metakognitif terhadap kemampuan penalaran matematik siswa ditinjau dari habits of minds. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1), 72–84. https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4510

The National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and standards for school mathematics.

Zakiah, N. E., & Fajriadi, D. (2020a). Self regulated learning for social cognitive perspective in mathematics lessons. J. Phys.: Conf. Ser. 1613 012049.

Zakiah, N. E., & Fajriadi, D. (2020b). Hybrid-PjBL: Creative thinking skills and selfregulated learning of preservice Teachers. J. Phys.: Conf. Ser. 1521 032072.

Zakiah, N. E. (2020). Level kemampuan metakognitif siswa dalam pembelajaran matematika berdasarkan gaya kognitif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 132-147. doi: https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i2.30458.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i3.8794

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.