PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Rina Oktavia, Angra Meta Ruswana, Lala Nailah Zamnah

Sari

ABSTRAKPenelitian ini dilatarbelakangi atas dasar rendahnya kemampuan komunikasi matematis yang dimiliki oleh setiap siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa, yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran langsung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (kuasi eksperimen) dengan menggunakan desain The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Grup Design. Teknik analisis data menggunakan uji non-parametrik Mann Whitney-U. Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas VII MTs Negeri 15 Ciamis yang terdiri dari enam kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian terdiri dari 28 siswa (kelas eksperimen) dan 31 siswa (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes, yaitu tes kemampuan komunikasi matematis yang terdiri dari tiga soal. Pokok bahasan yang disajikan sebagai bahan materi, yaitu Garis dan Sudut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran langsung.Kata Kunci: Model Pembelajaran The Power of Two, Kemampuan Komunikasi Matematis

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Bella, Y., Suhendri, H., & Ningsih, R. (2019). Peranan Metode Pembelajaran The Power Of Two Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 129. https://doi.org/10.26486/jm.v3i2.821

Bintaro, T. Y. (2018). Penerapan Pembelajaran The Power of Two Untuk Meningkatkan Minat pada Mata Pelajaran Matematika. Sain Sosial dan Humaniora, 2(1), 145–157.

Danaryanti, A., & Julianti. (2014). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe the Power of Two. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 194–201.

Hartini, H., Maharani, Z. Z., & Rahman, B. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Think-Pair-Share untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 131–135. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i2.5009

Ihwanah, A. (2016). Strategi The Power Of Two dan Implikasinya Terhadap Efektifitas Pembelajaran Mandiri Ibtidayah. TARBIYATUNA, 7(1), 103–118.

Losi, N. T., Mukhtar, M., & Rajagukguk, W. (2021). Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa yang diajar Menggunakan Model Problem Based Learning dan Guided Discovery Learning Berbantuan Geogebra ditinjau dari Gender. Paradikma:Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 88–95. https://doi.org/10.24114/paradikma.v14i1.27136

Nurmalia & Barutu, F. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti. Jurnal Online Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1), 102–123. http://stkipmeranti.ac.id/ejournal.stkipmeranti.ac.id/index.php/OJM/article/view/15%0Ahttp://stkipmeranti.ac.id/ejournal.stkipmeranti.ac.id/index.php/OJM/article/download/15/10

Pinta, P. D. D., & Djamaan, E. Z. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 22 Padang. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 8(3), 83–89.

Ruswana, A. M., & Zamnah, L. N., (2018). Hubungan Antara Self-Confidence Mahasiswa dengan Kemampuan Pemahaman Matematis Dalam Perkuliahan Kapita Selekta Matematika IV. In JTAM | Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika (Vol. 2, Issue 1, pp. 57–61). https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.281

Wandira, S. M. A., Asih, I. V. ., & Pamungkas, A. S. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dan the Power of Two Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1. https://doi.org/10.31000/prima.v1i1.250

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.