METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Fuji Bayu Lestari, Yuyun Susanti Susanti, Nur Rizqi Arifin

Sari


Rendahnya hasil belajar merupakan merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan proses pembelajaran, maka pendidik dituntut untuk  segera mencari berbagai upaya untuk mencapai keberhasilan, salah satu cara yaitu dengan pemilihan metode pembelajaran yang efektif. Adapun tujuan dari penelitian ini: 1) Perbedaan tingkat hasil belajar peserta didik  dengan penerapan metode pembelajaran demonstrasi pada pengukuran tes awal (pretest) dan tes  akhir (posttest), 2) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran  konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest), 3) Perbedaan hasil  belajar peserta didik dengan penerapan metode pembelajaran demonstrasi dan penerapan metode  konvensional pada pengukuran tes akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan metode  eksperimen desain Quasi Experimental Design dengan jenis desainnya yaitu Nonequivalent Control  Group Design. Keimpulan dari hasil penelitian adalah: 1)  Terdapat perbedaan tingkat hasil belajar peserta didik dengan penerapan metode pembelajaran  demonstrasi pada pengukuran tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest); 2) Terdapat perbedaan hasil  belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal  (pretest) dan pengukuran akhir (posttest), 3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik dengan  penerapan metode pembelajaran demonstrasi dan penerapan metode konvensional pada  pengukuran tes akhir (posttest). 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar – dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Syaiful Bahri, Djamarah dan Zain Aswan. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Andi, Abdul Muis.2019. Prinsip-prinsip Belajar dan Pembelajaran Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan (Online), Volume. 1, Nomor 1, http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/199( diakses 14 Agustus 2022)

Andy, Sapta. 2017. Perbandingan Model Pembelajaran Elaborasi dengan Model Pembelajaran Advance Organizer. Jurnal Penelitian, Pemikiran, dan Pengabdian. (Online), Volume. 5, Nomor. 1, https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/Keguruan/article/view/807( diakses 15 Agustus 2022 )

Eli, Setiawati. 2021. Analisis Pengelolaan Labolatorium IPA dan Alternatif Praktikum IPA Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 1 Ciamis. J-KIP Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan. (Online), Volume. 2, Nomor. 3, https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/J KIP/issue/view/449 (diakses 31 Agustus 2022)

Enjang, Haryana. 2021. Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menulis Teks Monolog Procedur Melalui Metode Demonstrasi. J-KIP Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan. (Online), Volume. 2, Nomor. 3, https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/J-KIP/issue/view/449/showToc (diakses 31 Agustus 2022)

Harsudianto, Silaen. 2017. Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Akademik Pada Mahsiswa yang

Menjalani Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid19. Indonesian Trust Health Journal. (Online), Volume. 5, Nomor. 1, http://jurnal.stikes-murniteguh.ac.id/index.php/ithj/index(diakses 14 Agustus 2022)

Lia, Desiana. 2021. Pengaruh Metode Circuit Learning Pada Mata Pelajaran Ekonomi. -KIP Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan. (Online), Volume. 2, Nomor. 3, https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/J-KIP/issue/view/449 (diakses 31 Agustus 2022)

Sakuntala, Dewi. 2013. Penggunaan Metode Ceramah dan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Tari Bedana Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Margatiga Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Seni dan Pembelajaran. (Online), Volume. 1, Nomor. 2,

http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JSP/article/view/549(diakses 15 Agustus 2022)




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i3.8838

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.