KEMAMPUAN NUMERASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DENGAN POKOK BAHASAN PROGRAM LINEAR

Aprianti Latifatul Mutmainah, Angra Meta Ruswana, Sri Solihah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai kemampuan numerasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita dengan pokok bahasan program linear. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 orang siswa kelas X TKJ SMK Plus Ibnu Hajar. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif dengan langkah-langkah meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data dianalisis berdasarkan tiga indikator kemampuan numerasi matematis yang terdiri dari: (1) Menggunakan berbagai macam angka dan simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari; (2) Menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk (grafik, tebl, bagan, diagram dan lain sebagainya); (3) Menafsirkan hasil analisis untuk memprediksi dan mengambil keputusan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan numerasi matematis siswa kelas X TKJ SMK Plus Ibnu Hajar masih rendah, hal ini ditunjukkan dengan hasil tes bahwa hanya sebagian siswa yang mampu memenuhi indikator kemampuan numerasi matematis.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggrieni, N., Ilma, R., & Putri, I. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelompok Kecil dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe PISA. 2011, 472–481.

Baharuddin, M. R., Cokroaminoto, U., Matematika, P., Palopo, C., Pecahan, O., Awal, K., & Pendahuluan, A. (2021). Deskripsi kemampuan numerasi siswa dalam menyelesaikan operasi pecahan. 6, 90–101.

Fitriani, H. (2015). Pengembangan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Menggunakan Animasi Komik Kelas X Sekolah Menengah Atas (Sma). Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2). https://doi.org/10.22342/jpm.8.2.1865.33-43

Fitriatien, S. R. (2019). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Newman. JIPMat, 4(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v4i1.3550

Gunawan, I. (2013). KUALITATIF Imam Gunawan. Pendidikan, 143. http://fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/12/3_Metpen-Kualitatif.pdf

Jeklin, A. (2016). Program Linear. July, 1–23.

Kaprinaputri, A. P. (2013). Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jiv, 8(1), 10–15. https://doi.org/10.21009/jiv.0801.2

Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(9), 1–58.

Linola, D. M., Marsitin, R., & Wulandari, T. C. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita di SMAN 6 Malang. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 27–33. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i1.2003

Maimunah, M., Purwanto, P., Sa’dijah, C., & Sisworo, S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Matematika Melalui Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Penalaran Matematis Siswa Kelas X-A SMA Al-Muslimun. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(1), 17–30. https://doi.org/10.15642/jrpm.2016.1.1.17-30

Maulidina, A. P. (2019). Profil Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Berkemampuan Tinggi Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2), 61–66. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i2.3408

Nuryana, D., & Rosyana, T. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Smk Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematik Pada Materi Program Linear. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 11–20.

Primayana, K. H. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Perguruan Tinggi. Jurnal Penjaminan Mutu, 7–15. http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM/article/viewFile/45/54

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin. 17(33), 81–95.

Ruswana, A. M. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Mata Kuliah Aljabar Linier Elementer. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 293–299. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.111

Rodiah, S., & Triyana, V. A. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas IX MTS Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Gender. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 3(1), 1–8.

Saefulloh, A., Raya, U. P., & Bebas, P. (2022). JOTE Volume 3 Nomor 2 Tahun 2022 Halaman 78-89 JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education OPTIMALISASI PERAN GURU PAI DALAM MENANGGULANGI. 3, 78–89.

Ulfa, R., & Ulfa, R. (n.d.). Variabel penelitian dalam penelitian pendidikan. 6115, 342–351.

Wardhani, S. (2010). Implikasi Karakteristik Matematika Dalam Pencapaian Tujuan Mata Pelajaran Matematika di Smp/MTs. 3.

Winata, A., Seftia, I., Widiyanti, R., & Cacik, S. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal pada Siswa Kelas XI SMA untuk Menyelesaikan Permasalahan Science. 7(2), 498–508. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1090

Zaki, A., Si, S., Si, M., Sidjara, S., Si, S., & Si, M. (2017). Program linear. Sites.Google.Com, 1–34. https://sites.google.com/site/modulmatematika/clients/resources/PROGRAMLINEAR.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i1.8892

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.