MULTIMEDIA PEMBELAJARAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL MENGGUNAKAN KONTEKS MAKANAN KHAS CIAMIS

Fahmi Shidiq Nachsyahbandi, Asep Amam, Sri Solihah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk merancang pembuatan bahan ajar menggunakan desain grafis online dalam pemahaman konsep matematis pembelajaran matematika. Aplikasi yang digunakan adalah canva. Canva merupakan aplikasi yang sangat praktis dan efisien, karena mudah diakses dan langsung bisa digunakan tanpa harus mendownload terlebih dahulu. Materi yang akan diterapkan pada bahan ajar ini adalah sistem persamaan linear tiga variabel menggunakan konteks makanan khas Ciamis. Penelitian ini menggunakan metode research and development dengan mengacu pada model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation) yang dibatasi pada tahap design. Objek penelitian ini adalah bahan ajar berupa multimedia pembelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rancangan multimedia pembelajaran yang dibuat menggunakan aplikasi canva sangat praktis dan efisien digunakan dalam pembelajaran oleh pendidik dan peserta didik. Sehingga hasil dari tahap design ini dapat digunakan untuk tahap berikutnya yaitu tahap development.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agung Saputro, T., Kriswandani, & Ratu, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Construct 2 pada Materi Aljabar Kelas VII. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika (JP2M), 4(1), 10–23. https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jp2m/article/view/1775/801

Garris Pelangi. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 79–96. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/article/view/8354

Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306–315. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/21840/13513

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Agama Islam Edureligia, 2(2), 94–100. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia

Madona, A. S., & Khairi, A. (2018). Perancangan Multimedia Pembelajaran Matematika Berbasis Inquiri untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Sainstek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 10(2), 56–62. https://doi.org/10.31958/js.v10i2.1200

Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303

Masduki, A. (2012). Makanan Tradisional di Kabupaten Ciamis. Patanjala : Jurnal Penelitian Sejarah Dan Budaya, 4(2), 89–99. https://doi.org/10.30959/patanjala.v4i2.142

Maulana. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Aplikasi Geogebra pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Universitas Galuh.

Nasional, Departemen. Pendidikan. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Perdani, H. N., & Azka, R. (2019). Teknologi dan Pembelajaran Matematika Generasi Milenial. Proseding Sendika, 5(1), 508–514.

Rahmasari, E. A., & Yogananti, A. F. (2021). Kajian Usability Aplikasi Canva. Andharupa, 07(01), 165–178. http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/andharupa/article/view/4292

Sari, R. N., & Siswono, T. Y. E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Media Sosial Instagram pada Materi Lingkaran di SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(1), 120–127. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/32940

Sugihartini, N., & Jayanta, N. L. (2017). Pengembangan E-Modul Mata Kuliah Strategi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(2), 221–230. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v14i2.11830




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i1.8910

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.